Pemkot Bandung akan resmikan Jalan Sukarno di Hari Pahlawan

Jumat, 6 November 2015 16:05 Reporter : Farah Fuadona
Pemkot Bandung akan resmikan Jalan Sukarno di Hari Pahlawan Sukarno. ©2015 Merdeka.com/ Ridwan Kamil Facebook

Merdeka.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berencana meresmikan nama Jalan Ir. Sukarno menggantikan nama jalan sebelumnya yaitu Jalan Cikapindung Timur. Rencananya peresmian nama jalan itu akan dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November mendatang.

Alasan digunakannya nama Sukarno menjadi nama jalan di Bandung, pria yang akrab di sapa Emil itu punya alasannya, "Bung Karno pernah berkata: "Untuk menaklukkan Nusantara, aku harus tinggal dan bersekolah di Bandung," tulis Emil di akun Facebooknya, Jum'at,(6/11).

Dalam riwayatnya Sukarno pernah tinggal di Bandung selama 20 tahun. Bapak Bangsa Indonesia ini mengenyam pendidikan di Bandung, berkarya dalam bidang arsitektur dan juga beristrikan perempuan Bandung bernama Inggit Garnasih, yang ijab nikahnya dilakukan di pendopo kota Bandung.

Pemikiran Sukarno rupanya banyak lahir di bumi pasundan. Seperti konsep lahirnya 'Apa itu Indonesia' serta pertemuannya dengan Marhaen seorang petani yang menginspirasi Sukarno hingga melahirkan ideologi Marhaenisme, yaitu ideologi yang menentang penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa.

Hidup selama dua dekade di Bandung membuat Sukarno sering bersinggungan dengan politik dan mengubah gaya berpikirnya menjadi kritis. Akibatnya Sukarno pernah mendekam di Penjara Banceuy selama 8 bulan atas tuduhan pemberontakan. Bahkan ia sempat mendirikan partai di Bandung serta memilih Bandung sebagai tuan rumah penyelenggara Konperensi Asia Afrika 1955.

Atas jasa Sukarno yang begitu besar inilah yang menjadi aspirasi Pemerintah Kota Bandung beserta masyarakat untuk meresmikan nama Jalan Ir. Sukarno. Dilanjutkan dengan peresmian renovasi Situs Penjara Banceuy.

Menurut Emil, jasa Sukarno lebih dari sekedar proklamator kemerdekaan bersama Bung Hatta. Karenanya sudah selayaknya kota Bandung memberi penghargaan lebih kepada Sukarno.

Dalam Facebooknya pun ia mengutip isi hati tentang Bandung dari Sukarno, "Ke Bandung lah, aku kembali kepada cintaku yang sesungguhnya", tulisnya. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Ridwan Kamil
  3. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini