Pemkab Jayapura resmi buka Festival Bahari Tanah Merah

Kamis, 23 November 2017 13:15 Reporter : Hery H Winarno
Pemkab Jayapura resmi buka Festival Bahari Tanah Merah Pembukaan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) Tahun 2017. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Event pariwisata dan budaya daerah tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, yakni Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) Tahun 2017 resmi dibuka hari ini, Kamis 23 November.

Acara ini digelar di kawasan Pantai Tablanusu, Kampung Entiyebi, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura sejak hari ini hingga Sabtu 25 November 2017 mendatang.

FBTM 2017 dibuka langsung oleh Plt Bupati Jayapura Yerry F. Menurut Yerry, event FBTM adalah ajang untuk menguatkan eksistensi masyarakat adat di Kabupaten Jayapura.

"Selain itu tentu ini juga ajang promosi pariwisata. kita ingin memperkenalkan bahwa di Kabupaten Jayapura memiliki tempat yang indah sebagai wisata bahari," ujar Yerry memberikan sambutan di hadapan tamu dan pengunjung di FBTM

Pembukaan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) Tahun 2017 2017 Merdeka.com


Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gendang khas Papua yang dilanjutkan dengan pagelaran kolosal Tari Anak Laut dan pameran budaya. Atraksi tarian kolosal laut ini merupakan tarian adat Jayapura, yang pada masa lalu di tampilkan untuk menyambut datangnya para penginjil ke Jayapura.

Menurut Yerry, event ini diharapkan bisa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Sejumlah agenda menarik telah di siapkan seperti pameran kuliner tradisional, pameran benda-benda budaya, pameran foto bawah laut, atraksi adat, lomba pantai dan pertunjukan seni dari kampung-kampung pesisir.

Khusus di hari ketiga akan ada perayaan ibadah syukur 106 tahun Injil masuk Tanah Merah, kemudian pameran dan tarian musik tradisional, pertunjukan Band Trio Papua dan di acara penutupan akan di meriahkan dengan parade suling tambur serta tari lemon nipis mulai dari sore hari hingga malam hari.

Pembukaan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) Tahun 2017 2017 Merdeka.com

Dalam event ini juga bakal digelar lomba pantai, yang terdiri dari lomba mancing, diving, dan juga lomba menyelam. Karena di bulan November ini ombaknya sangat kencang (tinggi) maka even ini semakin menarik.

Pelaksanaan FBTM tahun 2017 ini juga merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Menurut Yerry, dari tahun ke tahun jumlah pengunjung FBTM makin semarak. Jadi, kontribusinya besar sekali dalam meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

Jayapura memang memiliki banyak pantai yang indah serta unik dan salah satunya pantai dengan tepian bukan berisi pasir seperti pantai umumnya, melainkan kerikil. Pantai dengan tepian kerikil ini merupakan satu-satunya ada di dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Kris K. Tokoro mengatakan, persiapan pelaksanaan kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Termasuk melakukan sosialisasi ke kampung-kampung yang berada di kawasan teluk Tanah Merah. Kampung-kampung tersebut nantinya bakal menggelar atraksi di festival tersebut. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Jayapura
  2. Festival
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini