Pemkab Garut Antisipasi Ledakan Penyebaran Covid-19 karena Pilkades Serentak

Senin, 7 Juni 2021 11:53 Reporter : Mochammad Iqbal
Pemkab Garut Antisipasi Ledakan Penyebaran Covid-19 karena Pilkades Serentak Tes swab antigen usai libur Lebaran di Bekasi. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pilkades serentak yang digelar Selasa (8/6), diperkirakan akan menambah waktu terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut. Dinas Kesehatan Kabupaten Garut kini tengah menyiapkan antisipasi agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan, awalnya diperkirakan lonjakan kasus Covid-19 akan terjadi sampai 14 Juni.

“Kalau dari efek lebaran kemarin diperkirakan sampai 14 Juni,” katanya di Garut, Senin (7/6).

Menurutnya, saat ini Kabupaten Garut menghadapi kondisi lain, yaitu pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Dengan adanya pilkades serentak itu, maka kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut masih akan terjadi di atas tanggal 14 Juni.

“Karena ternyata warga yang dari luar kota pada datang juga (untuk mencoblos dalam Pilkades serentak. Jadi diperkirakan akan ada lonjakan kasus Covid-19 dari kegiatan Pilkades serentak itu,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, Leli mengaku, pihaknya harus mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Saat ini, setidaknya sejumlah puskesmas di Garut sudah disiapkan sebagai tempat isolasi karena ruang isolasi yang ada sekarang sudah penuh.

Tempat isolasi di desa-desa yang seyogyanya disiapkan, menurut Leli hal tersebut bisa bisa direalisasikan karena sedang sibuk mengurus Pilkades serentak. “Kita dari Dinas Kesehatan lebih menyiapkan puskesmas untuk tempat isolasi,” ucapnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Garut, sampai Senin (7/6) siang, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 10.893 orang. Dari jumlah tersebut, 1.102 orang menjalani isolasi mandir, 380 orang menjalani isolasi di ruang yang disiapkan dan di rumah sakit, 8.932 orang sembuh, dan 479 orang meninggal dunia. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini