Pemimpin dunia ini sederhana hingga tidur di rumah kontrakan

Sabtu, 1 November 2014 11:31 Reporter : Anwar Khumaini
Pemimpin dunia ini sederhana hingga tidur di rumah kontrakan Sushil Koirala. ©2014 Merdeka.com/glocalkhabar.com

Merdeka.com - Kehidupan pemimpin negara akrab dengan kemiskinan sungguh langka. Namun beberapa pemimpin dunia membuktikan jika kekuasaan tak selamanya harus sejalan dengan kemewahan.

Jose 'Pepe' Mujica yang menjabat sejak 1 Maret 2010, sebagai Presiden Uruguay predikat sebagai 'presiden termiskin di dunia'. Mujica layak menjadi panutan karena kesederhanaannya.

Tak hanya Mujica, Sushil Koirala yang menjabat sebagai Perdana Menteri Nepal, juga dikenal jauh dari kemewahan. Pria yang biasa disapa Koirala dilantik kembali sebagai Perdana Menteri petahana Nepal sejak 11 Februari 2014.

Koirala merupakan keturunan dari keluarga kaya, tapi menolak sejumlah harta warisan dari ayahnya. Reputasinya itu juga telah didukung oleh sejumlah aksinya selama sejak menjabat.

Berikut aksi-aksi mencengangkan para pemimpin negara termiskin:

Laporan: Praz Mohammad

1 dari 4 halaman

Presiden Mujica tak doyan pakai barang mewah

jose mujica. ©REUTERS

Dalam beberapa tahun terakhir, predikat sebagai pemimpin dunia yang dekat dengan kesederhanaan atau bahkan kemiskinan dipegang oleh Jose 'Pepe' Mujica, presiden Uruguay yang menjabat sejak 1 Maret 2010.

Mujica menjadi perbincangan dalam dunia internasional karena kepribadiannya yang sederhana, dan jauh dari kesan eksklusif sebagai seorang kepala negara. Dirinya sering ditemui dalam berbagai seremoni kenegaraan dengan sepatu yang terlihat biasa saja, dan setelan pakaian yang jauh dari kesan protokoler kepresidenan yang menunjukkan gaya pakaian sederhana.

Tak pelak, predikat sebagai 'presiden termiskin di dunia' begitu santer dilekatkan pada dirinya, terutama setelah BBC menyebutnya demikian saat membahas Mujica dalam ulasannya.

2 dari 4 halaman

Koirala tinggal di kontrakan

Sushil Koirala. ©2014 Merdeka.com/glocalkhabar.com

Kesederhanaan Koirala sebagai perdana menteri Nepal diperlihatkannya dengan mengunggah harta miliknya di situs Web-nya sendiri, yang sebagiannya adalah berupa tiga buah ponsel, di mana salah satunya adalah iPhone sementara dua ponsel yang lainnya tidak benar-benar bisa berfungsi dengan baik.

Koirala dilaporkan juga tak memiliki tanah atau bahkan rumah tinggal atas namanya sendiri.

Sampai saat dirinya melanjutkan jabatan sebagai Perdana Menteri Nepal kali ini pun, ternyata Koirala hanya tinggal di sebuah rumah kontrakan, selain di kediaman resmi perdana menteri Nepal yang difasilitasi negara baginya.

3 dari 4 halaman

Presiden Mujica cuma punya Volkswagen Beetle usia 20 tahun

jose mujica. ©REUTERS

Saat Mujica mempublikasikan kekayaan pribadinya sebagai presiden Uruguay pada 2010 lalu, total aset kepemilikannya hanyalah sebuah Volkswagen Beetle berusia 20 tahun dan harta senilai $1.900.

Sementara Jose Mujica terkenal dengan sikapnya yang lebih memilih menyumbangkan gajinya sebagai presiden Uruguay, dan hanya mengambil sedikit untuk keperluannya.

4 dari 4 halaman

Sushil Koirala menolak harta warisan dari ayah

Sushil Koirala. ©2014 Merdeka.com/glocalkhabar.com

Sushil Koirala mulai dilantik kembali sebagai Perdana Menteri incumbent di Nepal sejak 11 Februari 2014 lalu. Namanya menjadi tersohor dikarenakan gaya hidupnya yang sangat sederhana dan hemat, layaknya Jose Mujica presiden Uruguay dan Ahmadinejad, sang mantan Presiden Republik Islam Iran.

Nasib Koirala yang merupakan keturunan dari keluarga kaya tak membuatnya silau akan harta, dan memilih untuk menolak sejumlah harta warisan dari ayahnya. Reputasinya itu juga telah didukung oleh sejumlah aksinya sejak awal menjabat sebagai perdana menteri. [did]

Baca juga:
Serupa Mujica, ini pemimpin termiskin lainnya di dunia
Kisah AK Gani, sang penyelundup penyelamat Republik Indonesia
Murni berdarah Vietnam, Rosler jadi menteri di Jerman
Menteri-menteri unik dari berbagai negara
Kisah teladan berpolitik tanpa balutan dendam para bapak bangsa

Topik berita Terkait:
  1. Teladan Bangsa
  2. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini