Pemerintah Waspadai Varian Baru Covid-19 AY.4.2 dari Inggris

Senin, 25 Oktober 2021 16:24 Reporter : Supriatin
Pemerintah Waspadai Varian Baru Covid-19 AY.4.2 dari Inggris Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah terus memonitor perkembangan varian baru Covid-19 di Indonesia. Termasuk memantau masuknya varian AY.4.2 asal Inggris.

"Kami sudah lihat bahwa di Inggris ada satu varian yang berpotensi mengkhawatirkan yaitu AY.4.2 belum masuk di Indonesia yang sekarang terus kami monitor perkembangannya seperti apa," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10).

Dia menyebut, varian AY.4.2 merupakan turunan dari varian Delta. Varian tersebut telah memicu lonjakan kasus Covid-19 di Inggris sejak Juli hingga Oktober 2021.

Selain di Inggris, sejumlah negara di Eropa juga masih mengalami peningkatan kasus Covid-19. Sementara di Indonesia, dalam dua pekan terakhir terjadi sedikit peningkatan kasus Covid-19 pada 105 kabupaten dan kota.

"Memang angkanya masih tidak mengkhawatirkan dan masih berada di bawah batas amannya WHO," jelasnya.

Pemerintah, ungkap Budi, melakukan berbagai langkah untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Pertama, meningkatkan testing (pemeriksaan) dan tracing (penelusuran). Seluruh kasus kontak erat Covid-19 akan ditesting.

Langkah kedua adalah mempercepat vaksinasi, terutama pada kelompok lansia. Sebab, lansia sangat berisiko mengalami fatalitas jika terinfeksi Covid-19 dan belum mendapatkan vaksinasi.

"Lansia ini orang-orang yang berisiko tinggi untuk masuk rumah sakit dan wafat kalau nanti ada lonjakan berikutnya. Kitra harapkan tidak terjadi," tutupnya.

Data Kementerian Kesehatan hari ini pukul 12.00 WIB, sebanyak 8.066.463 atau 37,43 lansia sudah divaksinasi dosis pertama dari target 21.553.118. Sementara yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau dosis lengkap sebanyak 5.064.001. [fik]

Baca juga:
Pemerintah Masih Temukan Sejumlah Tempat Abai Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi
Update Kasus Positif Covid-19 Per 25 Oktober 2021
Cegah Reinfeksi, Ini Cara Menjaga Kesehatan Setelah Sembuh Covid-19
Jokowi Minta Ada Antisipasi Peningkatan Mobilitas Warga Saat Natal dan Tahun Baru
Pemerintah Klaim Siap Hadapi Gelombang 3 Pandemi Covid-19
Jokowi Perintahkan Harga PCR Diturunkan Jadi Rp300 Ribu, Berlaku 3x24 Jam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini