Pemerintah Targetkan Agustus Kasus Baru Corona Turun Jadi 10 Ribu per Hari

Senin, 12 Juli 2021 20:13 Reporter : Supriatin
Pemerintah Targetkan Agustus Kasus Baru Corona Turun Jadi 10 Ribu per Hari Warga Ikut Vaksinasi Keliling. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah menargetkan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia pada Agustus 2021 turun menjadi 10.000 per hari. Hari ini, Senin (12/7), kasus Covid-19 bertambah sebanyak 40.427 orang.

“Target kita bersama adalah menekan laju penularan yakni dengan menurunkan kasus sampai dengan 10.000 kasus per hari di bulan Agustus,” kata juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi dalam konferensi pers, Senin (12/7).

Menurut Dedy, ada dua hal yang dilakukan pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19. Pertama, mempertahankan kapasitas testing dan tracing di atas 100.000 orang per hari. Kedua, menekan mobilitas penduduk hingga 50 persen.

“Kami meminta pemerintah daerah betul-betul menurunkan mobilitas masyarakat hingga 50 persen. Tidak cukup hanya dengan 30 persen seperti di awal tahun sebagai akibat libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim mobilitas dan aktivitas masyarakat menurun hingga 15 persen. Data penurunan ini diperoleh berdasarkan hasil pemantauan melalui Google Traffic, Facebook Mobility dan Indeks Cahaya Malam.

Luhut menyebut, pemantauan mobilitas dan aktivitas masyarakat dilakukan sejak penerapan PPKM Darurat, mulai tanggal 3 hingga 10 Juli 2021.

"Hasil yang kami dapat selama periode 3 sampai 10 Juli, seluruh provinsi Jawa-Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat pada level 10 sampai 15 persen," katanya dalam konferensi pers, Senin (12/7).

Penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat ini belum mencapai target pemerintah. Target pemerintah, PPKM Darurat bisa menurunkan mobilitas dan aktivitas masyarakat hingga lebih dari 20 persen.

"Kami berharap satu minggu ke depan mobilitas kegiatan masyarakat semakin turun sesuai harapan kita," ujarnya.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali sejak tanggal 3 hingga 20 Juli 2021. Kebijakan ini diharapkan bisa menekan laju penularan Covid-19, termasuk varian barunya. [rnd]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini