Pemerintah Target 60 Juta Penduduk dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Kamis, 12 November 2020 18:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pemerintah Target 60 Juta Penduduk dapat Vaksin Covid-19 Gratis Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Pemerintah menargetkan 60 juta penduduk dapat vaksin Covid-19 secara gratis. Sisanya, termasuk kategori vaksin mandiri.

"Rapat kemarin menetapkan bahwa yang betul-betul jadi target vaksin (Covid-19) secara gratis sekitar 60 juta (penduduk). Kemudian ada vaksin mandiri, itu mereka membiayai sendiri terutama dari perusahaan-perusahaan," kata Muhadjir di kantornya, Kamis (12/11).

Sementara itu, ia menambahkan target untuk mencapai herd immunity mengacu kepada WHO (World Health Organization) yakni 70 persen dari total penduduk.

"Tapi itu dalam arti total penduduk itu terpapar Covid. Untuk Indonesia kan tidak. Tidak semua wilayah dinyatakan (zona) merah. Artinya tidak semua wilayah dinyatakan terpapar Covid-19," sambungnya.

Acuan itulah yang menjadi alasan Kementerian Kesehatan, lanjut Muhadjir, mempelajari jumlah kelayakan Indonesia dan wilayah mana saja yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

"Tapi yang jelas yang akan diutamakan tenakes (tenaga kesehatan) dan itupun yang betul-betul kontak langsung dengan pasien Covid-19," tuturnya.

"Enggak harus semuanya (tenaga kesehatan). Jadi jangan bayangkan kalau ada sekian ratus ribu orang enggak kena (Covid-19) karena itu masih dirinci lebih dalam," sambungnya. [rhm]

Baca juga:
Banten Dapat Kuota Vaksin Covid-19 untuk 8 Juta Jiwa pada Desember 2020
Yuk, Kenali Lebih Dalam Vaksin Merah Putih Buatan RI
Pemkot Bogor Persiapkan Puskesmas untuk Simulasi Vaksinasi Covid-19
Pemerintah Alokasikan Anggaran Vaksin Rp34,23 T dari Skema Burden Sharing
Rupiah Berpotensi Menguat Didukung Sentimen Vaksin Covid-19
Uni Eropa Beli 300 Juta Dosis Vaksin BioNTech-Pfizer

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini