Pemerintah Sudah Distribusikan 151 Ribu Alat Pelindung Diri ke Daerah

Jumat, 27 Maret 2020 11:25 Reporter : Ronald
Pemerintah Sudah Distribusikan 151 Ribu Alat Pelindung Diri ke Daerah Tim penjemput obat dan alkesdari China tiba di Indonesia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Paban IV/ Operasi Dalam Negeri Staf Operasi TNI Kolonel Inf. Aditya Nindra Pasha mengatakan, sebanyak 170 ribu Alat Pelindung Diri (APD) bagi Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini berada di Gudang Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dia mengatakan, sebanyak 151 ribu APD telah didistribusikan ke daerah yang membutuhkan.

"Bahwa dari stok alat pelindung diri yang ada di gudang gugus tugas nasional yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma dari 170 ribu stok alat pelindung diri yang ada, sampai dengan pagi ini sudah terdistribusi 151 ribu. Sehingga cadangan nasional yang ada adalah 19 ribu," kata Aditya di gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (27/3).

Ratusan ribu APD itu telah dialokasikan ke beberapa Provinsi di Indonesia seperti Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

"Ada beberapa provinsi di antaranya adalah Provinsi Riau, kemudian Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, kemudian Provinsi Sumsel, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulteng," katanya.

Kendati demikian, ia mengaku ada beberapa daerah yang sulit untuk dijangkau seperti Papua, Papua Barat dan daerah perbatasan. Sehingga, nantinya akan dibuat dua skema.

"Pertama, alat pelindung diri tersebut akan didorong khususnya kepada daerah yang memiliki kesulitan transportasi dalam hal ini TNI telah membantu untuk mendukung pelaksanaan pendistribusian ke wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat kemudian juga dibeberapa daerah yang berada di wilayah perbatasan," beber Aditya.

"Kemudian mereka datang langsung untuk mengambil alat pelindung diri tersebut dibantu oleh beberapa alat angkut yang disiapkan oleh TNI yang berada atau berasal dari masing-masing wilayah," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini