Pemerintah Siapkan PP Untuk Tanggung Biaya Perawatan Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Kamis, 14 Januari 2021 14:30 Reporter : Ahda Bayhaqi
Pemerintah Siapkan PP Untuk Tanggung Biaya Perawatan Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait tanggungan jika terjadi Kejadian Pasca Imunisasi alias KIPI. Pemerintah akan menanggung biaya perawatan efek samping vaksinasi Covid-19.

"Kami sekarang sedang mempersiapkan PP khusus untuk penanggungan kalau terjadi KIPI tersebut," katanya dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (14/1).

Dia mengungkapkan, pemerintah akan menjalankan pedoman KIPI yang sudah dijalankan selama ini. Sudah ada Komite KIPI di pusat dan daerah.

"KIPI ini kita sudah akan mengikuti pedoman yang selama ini sudah jalan, sudah ada komite daerah untuk menangani KIPI, komite nasional untuk menangani KIPI. Kita akan mengikuti prosedurnya," jelasnya.

Pemerintah akan menanggung biaya KIPI bagi penerima vaksin. Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan ditanggung BPJS. Jika tidak, negara langsung yang menanggungnya.

"Khusus tentang treatment anggaran, yang JKN akan dicover oleh BPJS sedangkan non JKN akan dicover oleh negara," tutup Budi. [fik]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini