Pemerintah Sebut Kasus Covid Masih Terkendali Usai Libur Lebaran

Senin, 7 Juni 2021 13:01 Reporter : Merdeka
Pemerintah Sebut Kasus Covid Masih Terkendali Usai Libur Lebaran Menko Airlangga Hartarto. ©Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto menyatakan kasus harian dan kasus aktif Covid-19 pasca-liburan lebaran masih terkendali.

"Tingkat kasus aktif per 6 Juni 5,3 persen, di mana ini lebih lebih baik dari global yang 7,5 persen. Kesembuhannya 91,9 persen lebih baik dari global yang 90,3 persen dan kematian memang masih tinggi dari global, yaitu 2,8 persen dan 2,1 (Global)," kata Airlangga dalam keterangan daring, Senin (7/6).

Airlangga menyebut kondisi Indonesia apabila dibandingkan dengan negara lain, jumlah kasus aktif relatif rendah.

"Jumlah kasus mingguan per satu juta penduduk Indonesia relatif lebih baik. Indonesia 147 orang per satu juta penduduk. Malaysia 1607 per 1 juta penduduk, India 662 per 1 juta penduduk, pula Prancis 731," ungkapnya.

Sementara itu, terdapat empat provinsi yang berkontribusi 65% terhadap kasus aktif yaitu Jawa Barat, DKI Jawa Tengah Papua dan Riau.

"Pulau Jawa berkontribusi 52,4 persen. kemudian kita juga melihat ada beberapa hal terkait dengan BoR (keterisian tempat tidur), bor rata-rata sudah 40 persen," jelasnya.

Reporter: Delvira

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini