Pemerintah Saudi bangun akademi bahasa Arab gratis di Aceh Besar

Selasa, 16 Desember 2014 10:56 Reporter : Afif
Pemerintah Saudi bangun akademi bahasa Arab gratis di Aceh Besar Ilustrasi sekolah Arab Saudi. rt.com ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Arab Saudi akan membangun sebuah akademi Bahasa Arab di Aceh. Nantinya tenaga pengajar di akademi ini akan diisi sebagian besar dari Arab Saudi. Pembangunan kampus ini di desa Ingin Jaya, Blang Bintang, Aceh besar di atas tanah wakaf dari Masjid Raya Baiturrahman.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan, pembangunan akademi Bahasa Arab ini hasil dari nota kesepahaman antara Arab Saudi dan Pemerintah Aceh. Kampus ini diberi nama Ma'had Khadimul Haramain Asy-Syarifain.

"Biaya pembangunan kampus berasal pemerintah Arab Saudi dan juga tenaga pengajar kebanyakan dari Arab Saudi juga," Kata Zaini Abdullah, Selasa, (16/12) di Banda Aceh.

Zaini menyebutkan, Ma'had Khadimul Haramain Asy-Syarifain sudah sejak tahun 2007 sudah ada dengan sistem pendidikan yang sederhana. Sebelumnya tempat belajar di kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh masih informal, sekarang sudah meningkat menjadi lembaga formal setingkat akademik.

Untuk kuliah di kampus ini, katanya, akan digratiskan semuanya, termasuk akan diberikan uang saku setiap bulannya pada siswa yang sekolah. "Tingkatkan kualitas pendidikan siswa, akan kita berikan kesempatan untuk melanjutkan studi di Lembaga Ilmu Pendidikan Islam dan Bahasa Arab, Jakarta melalui beasiswa," tutupnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Aceh
  2. Arab Saudi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini