Pemerintah Masih Batasi Orang Asing Masuk Papua dan Papua Barat

Selasa, 10 September 2019 08:02 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pemerintah Masih Batasi Orang Asing Masuk Papua dan Papua Barat Wiranto Jelaskan Situasi Papua dan Papua Barat. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan hingga saat ini pengawasan orang asing masuk ke Papua dan Papua Barat masih dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya provokator.

"Pengawasan orang asing, itu masih kita lakukan dan kita lakukan karena butuh kondisi yang perlu kita rawat," kata Wiranto di Kantornya, Jalan Merdeka Barat, Senin (9/9).

Dia menjelaskan kehadiran warga asing di Bumi Cenderawasih mulai dari wartawan asing, wisatawan hingga provokator tidak bisa dibedakan dalam sistuasi saat ini. Sebab itu pemerintah masih melakukan pengawasan ketat.

"Kehadiran wartawan asing, orang asing masih kita pertimbangkan diberi kebebasan seperti semula, membedakan wartawan, wisatawan dan provokator gak bisa karena wajahnya sama. Keadaan ini yang memaksa kita untuk melakukan langkah seperti itu," ungkap Wiranto.

Sebelumnya Polri menduga ada keterlibatan asing terhadap insiden yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Bahkan, 4 warga negara asing asal Australia dideportasi lantaran diduga ikut melakukan aksi Papua Merdeka. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini