Pemerintah Koordinasi dengan Jepang Soal Pemulangan 74 WNI di Kapal Diamond Princess

Kamis, 20 Februari 2020 13:50 Reporter : Merdeka
Pemerintah Koordinasi dengan Jepang Soal Pemulangan 74 WNI di Kapal Diamond Princess Aktivitas penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina. ©2020 Kyodo/via REUTERS

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka peluang untuk memulangkan 74 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess Jepang yang negatif terjangkit virus corona. Pemerintah, kata dia, tengah berkoordinasi dengan otoritas terkait wacana tersebut.

Diketahui, ada 78 WNI kru kapal pesiar Jepang yang menjalani masa karantina akibat wabah virus corona. Namun, di akhir masa karantina, empat WNI lainnya dinyatakan positif terjangkit virus asal Wuhan, China.

"Ya sekarang 74 itu masih ada di kapal. Sekali lagi kita masih terus membahasnya dengan otoritas jepang," ujar Jokowi di Hotel Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Kamis (20/2).

Jokowi akan memutuskan kepulangan 74 WNI itu dalam 1 hingga 2 hari ke depan. Apabila dipulangkan ke Indonesia, para WNI itu akan menjalani observasi selama 14 hari di Natuna.

"Kemungkinan (observasi di Natuna), tadi kami sudah mengajukan beberapa opsi kepada bapak presiden, dan masih akan dipertimbangkan," jelas Muhadjir.

1 dari 1 halaman

Sementara empat WNI yang positif terpapar virus corona, akan tetap menjalani perawatan di rumah sakit Jepang. Muhadjir menyebut proses evakuasi hanya dilakukan untuk 74 WNI yang negatif virus corona.

"Kalau yang sakit tidak boleh dievakuasi kan harus dirawat di sana, ini yang evakuasi yang sehat cuma kasusnya agak beda di Wuhan dengan yang di kapal ini," jelas dia.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China. Kini mereka telah selesai menjalani masa observasi 14 hari di Natuna dan telah dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Reporter: Lizsa Egeham [ray]

Baca juga:
Pemerintah Buka Opsi Karantina 74 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess
Jokowi Sebut 4 WNI di Diamond Princess Positif Virus Corona Dibawa ke RS Jepang
Sempat Disebut Senjata Biologi, Ini Jawaban Ilmuwan tentang Asal Mula Virus Corona
Imigrasi Deportasi WN Jepang yang Diduga Terjangkit Virus Corona
Kepala BKPM: Virus Corona Membuat Kita Pusing Betul

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini