Pemerintah Jokowi mau pindahkan ibukota ke Sampit atau Pangkalan Bun

Selasa, 7 April 2015 11:26 Reporter : Ramadhian Fadillah
Pemerintah Jokowi mau pindahkan ibukota ke Sampit atau Pangkalan Bun Jokowi menanam padi di kalimantan. ©Setpres RI/agus s

Merdeka.com - Dalam kurun waktu lima tahun ke depan diperkirakan berbagai aspek dari pembangunan sistem transportasi, kelestarian lingkungan dan kualitas sanitasi sulit untuk menandingi percepatan penambahan beban penduduk di Jakarta. Akibatnya adalah banyak daerah di Jakarta yang dikhawatirkan menjadi daerah tidak layak huni.

Sementara itu apabila melihat kapasitas Pulau Jawa pada saat ini, Andrinof mengatakan ibu kota tidak mungkin jika dipindahkan ke kota yang berada di Pulau Jawa.

Hal tersebut juga disebabkan Pulau Jawa merupakan sumber produksi pertanian di Indonesia, sehingga apabila ibu kota dipindah ke kota di Pulau Jawa dikhawatirkan akan terjadi alih fungsi lahan yang dapat mengurangi luas lahan pertanian dan berdampak kepada tingkat produksi pertanian.

"Jadi akan sangat 'urgent'. Daya dukung Pulau Jawa tidak cukup," kata Andrinof.

Menteri PPN/Kepala Bappenas menyebut pemindahan ibu kota negara idealnya di Kalimantan karena lebih dekat dari Jawa. Kalau terlalu jauh dari Jawa akan susah menjaga kesinambungan.

Kota baru Salah satu cara pemerintah mengincar ibu kota negara baru adalah dengan memprioritaskan pembangunan 10 kota baru di luar Jawa yang nantinya dapat dijadikan ibu kota baru. [ian] SELANJUTNYA SEBELUMNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini