Pemerintah Indonesia prioritaskan 3 program disidang umum Interpol

Rabu, 26 Oktober 2016 13:36 Reporter : Juven Martua Sitompul
Pemerintah Indonesia prioritaskan 3 program disidang umum Interpol Ses National Central Berau (NCB) Interpol Polri Brigjen M Naufal Yahya. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sidang Umum Interpol ke-85 akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada 7-10 November 2016 nanti. Sidang digelar dengan tema Setting a Global Roadmap For Internasional Policing.

Ses National Central Berau (NCB) Interpol Polri Brigjen M Naufal Yahya mengatakan ada tiga program prioritas yang akan dibahas dalam sidang. Diantaranya, terorism, emerging and organized crime dan cyber crime serta terakhir, soal illegal fishing.

"Dalam sidang Interpol, Indonesia dapat kehormatan menampilkan dua keynote speaker yaitu Kapolri dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti," kata Naufal di Wisma Bhayangkari Polri, Jakarta, Rabu (26/10).

Naufal menambahkan nantinya dalam sidang Kapolri Tito pun akan menyampaikan soal isu penanggulangan terorisme. Sedangkan, Menteri Susi akan berbicara soal kebijakan ilegal fishing.

"Sidang interpol yang dilakukan setiap tahun merupakan wadah untuk menentukan semua keputusan utama yang mempengaruhi kebijakan umum," ucap Naufal.

Sekedar informasi, sidang Interpol merupakan organisasi kerjasama kepolisian terbesar didunia dengan anggota 190 negara. Organisasi ini merupakan organisasi internasional terbesar kedua di dunia setelah PBB yang beranggotakan 193 negara.

Indonesia sendiri menjadi anggota Interpol sejak 1954 namun belum pernah menjadi tuan rumah. Sementara, negara ASEAN yang pernah menjadi tuan rumah dalam perhelatan polisi dunia ini antara lain, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Dengan ditunjuknya sebagai tuan rumah, Indonesia diyakini sebagai negara aman. Selain itu, Indonesia pun dianggap mampu bersaing dengan negara-negara lainnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini