Pemerintah diminta rehabilitasi nama Tan Malaka

Rabu, 22 Februari 2017 05:00 Reporter : Imam Mubarok
Pemerintah diminta rehabilitasi nama Tan Malaka Upacara Penjemputan Gelar Daruk Tan Malaka di Kediri. ©2017 Merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Dengan ditemukannya makam Ibrahim Datuk Tan Malaka di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Kementerian Sosial Republik Indonesia diharapkan akan merebalitasi nama baik Ibrahim Datuk Tan Malaka sekaligus merehabilitasi makam sesuai makam para pahlwan.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin, mengutip hasil pertemuan Wakil Bupati Limapuluh Kota dengan dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

"Di antara permohonannya yakni hak-hak pahlawan akan dikembalikan kepada Tan Malaka dan keluargannya. Sehingga nama baiknya orang bilang yang dulu yang terlibat dengan komunis bisa direhabilitasi. Ibrahim Datuk Tan Malaka adalah muslim sejati, di mana dalam perjuangannya bersama organisasi lainnya semata-mata untuk mempertahankan kemerdekaan RI," jelas Safaruddin kepada merdeka.com, Selasa (21/2).

Menurut Safaruddin usai memimpin upacara adat penjemputan gelar adat Ibrahim Datuk Tan Malaka kepada Hengky Novaron Arsil Datuk Tan Malaka di Selopanggung Kediri, polemik yang selama ini berkecamuk sudah berakhir dengan keputusan dari negara.

"Kita akan mensyukuri ini semua. Sebab kita tahu semua Tan Malaka saat perjuangan dari mana dia mendapatkan uang saat berjuang, di mana dia mengenyam pendidikan tapi melahirkan karya-karya tulis yang luar biasa, itu yang perlu digarisbawahi," terangnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tan Malaka
  3. Kediri
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini