Pemerintah Diminta Beri Perhatian Lebih ke Pekerja Migran Indonesia

Kamis, 24 Oktober 2019 17:34 Reporter : Fikri Faqih
Pemerintah Diminta Beri Perhatian Lebih ke Pekerja Migran Indonesia TKI. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Ketua Pusat Penyelesaian Permasalahan Warga Negara Indonesia (PPP WNI), Dato' M Zainul Arifin mengapresiasi komposisi Kabinet Indonesia Maju pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Namun, dia mengharapkan, pemerintah lebih memberikan perhatian khusus kepada para pekerja migran Indonesia.

Pada bidang tenaga kerja, dia mengungkapkan, Jokowi sangat jelas memerintahkan Menteri Tenaga Kerja Baru, Ida Fauziyah untuk fokus pada urusan meningkatkan kualitas pekerja dan memberikan perlindungan pekerja migran.

"Urusan kemitraan, pendidikan industri, meningkatkan kualitas pekerja, mengenai jaminan sosial tenaga kerja, perlindungan pekerja migran. Jadi jelas konsen ke depan pekerja migran Indonesia (PMI) menjadi salah satu fokus pemerintah," katanya di Jakarta, Kamis (24/10).

Pada sektor pekerja migran, Zainul menerangkan, untuk mewujudkan target dari Presiden Jokowi, dirinya siap jika ditugaskan Presiden mengurusi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Apalagi selama ini dirinya sangat bersentuhan dan konsen pada persoalan-persoalan pekerja migran.

Oleh karena itu, dia berharap, periodesasi Kepala BNP2TKI ke depan lebih memiliki power agar menjadi garda terdepan untuk menjaga marwah PMI di luar negeri serta marwah Indonesia di mata dunia internasional.

"Ke depan, Pak Presiden tidak perlu pusing lagi mengurusi problematikanya. BNP2TKI hadir menjadi solusi, Kepala BNP2TKI harus orang muda yang memiliki misi dan komitmen yang kuat melakukan perubahan lebih baik lagi," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. TKI
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini