Pemerintah Daerah Diminta Segera Vaksinasi Covid-19 Para Pekerja Seni

Selasa, 20 April 2021 16:41 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Pemerintah Daerah Diminta Segera Vaksinasi Covid-19 Para Pekerja Seni vaksin. ©2020 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi mendorong pemerintah daerah untuk membantu menyukseskan program vaksinasi terhadap pekerja seni dan kreatif. Targetnya para pekerja seni dan kreatif harus sudah divaksin pada sebelum Juni 2021.

"Kami mengimbau pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan setempat untuk segera melakukan vaksinasi ke pekerja seni," katanya dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh KPCPEN, Selasa (20/4).

Pada bulan Juni, pemerintah akan mulai melaksanakan vaksinasi tahap ketiga yang menyasar masyarakat umum usia 18-59 tahun. Sehingga, dia berharap pemerintah daerah bisa membantu Kemenkes untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi tahap kedua.

"Vaksinasi pekerja seni dan kreatif itu masuk ke dalam 17 juta sasaran pelayanan publik dan di akhir juni harapannya 40,3 juta sasaran sudah selesai disuntik," ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Manajemen Krisis Kemenparekraf, Hengky Manurung mengatakan, peran pemerintah daerah terhadap kesuksesan vaksinasi pekerja seni sangat besar. Untuk itu, pemerintah daerah untuk menyukseskan program vaksinasi pekerja seni dan kreatif.

"Kabupaten/kota di setiap provinsi itu menjadi kunci penting. Kemenkes, Dinas Pariwisata dan Parekraf sudah kami koordinasikan untuk menyuplai data. Kami sudah ada data base-nya, kita berharap itu bisa menjadi sentra data atau validitas berlapis," terangnya.

Dia menyebutkan, berdasarkan data base Kemenparekraf, ada 65.000 pekerja seni dan kreatif Indonesia masuk dalam daftar vaksinasi tahap kedua ini. Dia pun mengapresiasi Pemerintah daerah yang sudah membantu Kemenparekraf dan Kemenkes dalam mendata pelaku pekerja seni dan kreatif.

Menurutnya, pemerintah daerah juga sudah menyadari pentingnya pemberian vaksin kepada para pekerja seni terhadap kebangkitan perekonomian Indonesia.

"Vaksinasi pekerja seni ini menjadi turning point kita untuk membangkitkan perekonomian dari sektor parekraf yang mana sebelumnya sangat payah," ungkap Hengky.

"Kalau kita lihat, Pemda juga sudah sangat concern bahwa yang bisa menaikan perekonomian adalah pekerja kreatif. Saya sangat respek sama Pemda," lanjutnya.

Hengky berharap, pelaksanaan vaksinasi kepada pekerja seni ini bisa berjalan lancar. Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala atau hambatan mulai dari proses pendataan hingga penyuntikan vaksinasi di lokasi. Sebenarnya kata dia, pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja industri kreatif sudah mulai dilakukan sejak 28 Februari 2021 di Bali.

"Kendala hampir tidak ada, semuanya perfect. Saya sangat mengapresiasi Vaksinasi untuk pekerja seni dan kreatif agar bisa membangkitkan ekonomi," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini