Pemerintah Buka Rekrutmen Relawan Besar-besaran untuk Capai Target Uji Spesimen

Kamis, 4 Juni 2020 15:01 Reporter : Merdeka
Pemerintah Buka Rekrutmen Relawan Besar-besaran untuk Capai Target Uji Spesimen Ruang Isolasi Corona. ©2020 Merdeka.com/klikdokter.com

Merdeka.com - Pemerintah berencana membuka rekrutmen relawan secara besar-besaran untuk mencapai target uji spesimen terkait virus Corona (Covid-19). Pasalnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaikkan target uji spesimen Corona menjadi 20 ribu per hari.

"Presiden setuju untuk rekrutmen sukarelawan besar-besaran untuk shift bergantian," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam video conference usai rapat terbatas, Kamis (4/6).

Muhadjir mengakui, jumlah relawan saat ini terbatas sehingga membuat pengujian spesimen tidak maksimal. Menurutnya, relawan yang akan dikerahkan nantinya yakni, mahasiswa S2 jurusan biologi molukuler, keperawatan, kebidanan dan kesehatan masyarakat.

"Tadi ada usulan supaya ada pelatihan intensif sebelum ditugaskan," ujarnya.

Dia menyebut berdasarkan hitung-hitungan Jokowi, uji spesimen seharusnya bisa dilakukan 30 ribu per hari. Namun, Muhadjir memastikan akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan agar target uji spesimen 30 ribu per hari dapat tercapai.

"Beliau menyampaikan bahwa mestinya dengan peralatan sekarang jumlahnya 120 unit yang tersedia di seluruh indonesia, mestinya bisa mencapai 30 ribu," terangnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut target uji spesimen virus corona (Covid-19) 10 ribu per hari sudah terlampaui. Jokowi pun meminta agar target uji spesimen terkait corona 20 ribu per hari.

Jokowi juga meminta agar pelacakan terhadap masyarakat terpapar corona dilakukan lebih agresif untuk menekan penyebaran virus. Dia ingin proses pelacakan tersebut tak lagi dengan cara konvensional, melainkan menggunakan bantuan sistem teknologi komunikasi.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini