Pemerintah berencana tambah penerima PKH jadi 1 juta

Jumat, 10 Maret 2017 12:06 Reporter : Rizky Andwika
Pemerintah berencana tambah penerima PKH jadi 1 juta Menko PMK Beri Bantuan Masyarakat Ambon. ©2017 Foto Tim Media PMK

Merdeka.com - Pemerintah ingin Program Keluarga Harapan (PKH) nontunai dapat dinikmati satu juta penerima. Hal ini perlu dilakukan mengingat penerima yaitu kalangan ibu-ibu terlihat antusias menerima bantuan yang diperuntukkan bagi anak-anak mereka tersebut.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, PKH juga merupakan salah satu solusi menekan angka kemiskinan di Tanah Air.

"Kalau semakin banyak yang diberikan semakin akan lebih baik untuk salah satu program pengentasan kemiskinan. Jadi meningkatkan kesejahteraan untuk ibu dan Anak," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/3).

Meski demikian, Puan mengatakan, rencana penambahan PKH menjadi satu juta penerima itu harus melihat kondisi keuangan negara. Apabila mencukupi, maka dipastikan satu juta ibu-ibu akan menerimanya.

"Tentunya berkaitan dengan APBN," katanya.

Puan mengaku saat melakukan kunjungan ke sejumlah ke daerah, ibu-ibu penerima PKH berkomitmen menggunakan uang tersebut sesuai dengan harapan pemerintah, yakni untuk menunjang kehidupan rumah tangga, seperti membeli sembako. Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, pendamping PKH juga secara aktif memantau penerima PKH.

"Ternyata memang iya dan memang sangat efektif (PKH) di lapangan," ujarnya.

Peserta PKH atau penerima rastra cukup menggesek Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk pencairan bantuan PKH atau pembayaran bantuan pangan di E-warong. Tahun ini E-warong baru dibentuk di 44 Kabupaten kota dengan target 300 E-warong sampai akhir Desember. Ditargetkan pada 2017 sebanyak 1,4 juta penerima rastra bisa menerima nontunai melalui bantuan pangan. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Puan Maharani
  3. Kemiskinan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini