Pemerintah akan Beri Korban Banjir NTT Rp500 Ribu untuk Cari Hunian Sementara

Rabu, 7 April 2021 14:51 Reporter : Merdeka
Pemerintah akan Beri Korban Banjir NTT Rp500 Ribu untuk Cari Hunian Sementara Banjir di Flores Timur NTT. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan dana hunian sementara sebesar Rp500 ribu per keluarga per bulan untuk pengungsi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemberian dana untuk hunian sementara itu, kata Doni, juga upaya mencegah penyebaran Covid-19 di posko pengungsian.

"Penting bagi kita untuk memperhatikan kondisi tenda pengungsi yang sempit sehingga menjadi potensi penularan Covid-19. Untuk itu BNPB dan Pemerintah Provinsi NTT akan memberikan ini," kata Doni dalam siaran persnya, Rabu (7/4).

Doni berharap, dana bantuan itu dapat digunakan masyarakat untuk mencari rumah sewa atau tempat tinggal di sanak kerabat yang tidak terdampak.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 ini menjelaskan bahwa warga yang rumahnya terdampak bencana untuk diberikan bantuan akan didata terlebih dahulu oleh pemerintah daerah setempat.

"Warga yang rumahnya rusak dan tidak bisa dihuni akan didata terlebih dahulu oleh pemerintah daerah setempat, seperti pengumpulan nama, KTP, dan persyaratan lainnya," beber Doni.

Jika data sudah terkumpul dan terverifikasi, BNPB akan langsung beri dana tersebut sehingga warga bisa mencari hunian.

"Hal ini semata dilakukan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, kerumunan warga yang ada dalam tenda pengungsian harus dihindari," tandas Doni.

Reporter: M Radityo [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini