Pemberangkatan Terakhir dari Madinah Besok, 3 Jemaah akan Dievakuasi ke KKHI Makkah

Minggu, 26 Juni 2022 22:30 Reporter : Lia Harahap
Pemberangkatan Terakhir dari Madinah Besok, 3 Jemaah akan Dievakuasi ke KKHI Makkah ambulans dari KKHI Madinah. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama dari Madinah ke Makkah akan berakhir besok, 27 Juni 2022. Data per 26 Juni pukul 10.30 WAS, ada tiga jemaah yang akan diberangkatkan dengan ambulans dari KKHI Madinah karena kondisinya masih dalam pengawasan tim kesehatan.

"Diperkirakan evakuasi tiga jemaah. Satu yang hari ini masih dalam perawatan di KKHI, sedangkan dua lainnya yang saat ini masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi di Madinah," kata Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dr Enny Nuryanti, kepada tim Media Center Haji (MCH) di Madinah, Minggu (26/6).

Jemaah yang harus dievakuasi dengan ambulans harus dilengkapi sejumlah dokumen. Seperti paspor dan surat pencabutannya, surat jalan dari KKHI, serta resume medis pasien.

Untuk memastikan kelengkapan paspor jemaah yang akan dievakuasi, Kasie Pelayanan dan Kepulangan, Cecep Nursyamsi, sempat mendatangi KKHI. Dia ingin mengecek, apakah jemaah yang dievakuasi dengan ambulans sudah memegang paspornya masing-masing.

Enny memastikan, tiga jemaah yang akan dievakuasi dengan ambulans menuju Makkah sudah dicabut paspornya dan dipegang oleh KKHI. Jemaah nantinya akan didampingi satu orang dokter dan perawat.

Sejauh ini, kata Enny, tidak ada kendala saat proses evakuasi jemaah dari KKHI Madinah ke KKHI Makkah. Baik saat proses kelengkapan dokumen maupun di perjalanan.

Termasuk saat proses miqatnya di Bir Ali. Petugas bimbingan ibadah (bimbad) yang berjaga akan memandu niat ihram jemaah tersebut.

"Kita selalu koordinasi saat berangkat, ada berapa pasien atau tim evakuasi yang berangkat ke Makkah, kemudian tim Bir Ali akan pandu niat ihramnya," timpal Cecep.

Ditambahkan Cecep, setelah tiba di Makkah, paspor jemaah evakuasi akan disimpan oleh KKHI. Tetapi bila jemaah tersebut telah pulih, paspornya akan diserahkan ke pihak kloter atau daerah kerja untuk digabungkan ke Muasassah setempat.

Untuk diketahui, sementara ini total jemaah gelombang satu yang harus dievakuasi ke Makkah dengan ambulans berjumlah lima orang. Dua jemaah sudah berada di Makkah, tiga lainnya baru akan dievakuasi besok. [rnd]

Baca juga:
Besok, 5 Kloter Terakhir Jemaah Haji di Madinah Diberangkatkan ke Makkah
Bacaan Doa Wukuf di Arafah, Kerap Kali Dibaca Nabi Muhammad SAW
Data 25 Juni 2022: 68.774 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Arab Saudi
Tertabrak Saat Menyeberang, Jemaah Asal Jaktim Alami Patah Tulang
Dubes RI untuk Arab Saudi Minta Persiapan Armuzna Kembali Dicek H-3 Puncak Haji
Jelang Puncak Haji, Persiapan di Armuzna Capai 75 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini