'Pembentukan Satgas Antikorupsi cuma buat hiburan rakyat'

Selasa, 19 Mei 2015 21:30 Reporter : Untung Pramono
'Pembentukan Satgas Antikorupsi cuma buat hiburan rakyat' Hari AntiKorupsi Sedunia. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Tiga lembaga penegak hukum yakni KPK, Kejaksaan Agung dan Polri membentuk satuan tugas (satgas) pemberantasan tindak pidana korupsi. Pembentukan Satgas dibentuk dalam rangka memperbaiki koordinasi antar lembaga penegak hukum tersebut yang selama ini memiliki hubungan pasang surut.

Menanggapi hal itu, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengatakan, pembentukan Satgas antikorupsi tersebut tak efisien. Menurut Adnan, pembentukan Satgas antikorupsi hanya usaha untuk menghibur rakyat bukan menangani korupsi.

"Tendensi membersihkan kepolisian belum dilakukan. Jadi Satgas dibentuk seperti hiburan untuk rakyat saja," kata Adnan dalam diskusi 'Silang Pendapat antara Jokowi-JK dalam Pemberantasan Korupsi' di kantor LBH Jakarta, Selasa (19/5).

Adnan mengatakan, penegakan korupsi dimulai dengan membersihkan lembaga hukumnya agar tidak ada kendala apapun dalam memberantas korupsi. Hal itu pun berhasil dilakukan di negara-negara maju.

"Negara-negara maju berhasil memberantas korupsi setelah membersihkan korupsi di penegak hukumnya. Karena jika penegak hukumnya sudah bersih pemberantasan korupsi tidak terkendala apapun," tandas Adnan. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Satgas Antikorupsi
  3. KPK
  4. Polri
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini