Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Zona Merah Covid-19 Ditiadakan

Senin, 14 Juni 2021 17:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Zona Merah Covid-19 Ditiadakan Suasana Pembelajaran Tatap Muka di SDN Kenari Jakarta. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro pada 15-28 Juni 2021 . Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto mengatakan, untuk kegiatan belajar di zona merah secara tatap muka ditiadakan, sehingga 100 persen dilaksanakan secara daring.

"Kegiatan belajar mengajar mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, namun untuk daerah merah itu juga Kecamatan yang daerah merah 100 persen daring," katanya di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (14/6).

Dia menjelaskan, pemberlakuan tatap muka terbatas sudah dilakukan dibeberapa daerah. Yaitu dengan menerapkan dua hari selama dua jam.

"Namun untuk daerah merah ditetapkan mengikuti ppkm mikro. Jadi kecamatan yang merah itu secara online 2 minggu dan pada periode ini 15 sampai 28 Juni adalah sebagian besar sudah libur anak-anak sekolah," ujarnya.

Sementara itu diketahui, Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito memastikan pemerintah pusat akan memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. PTM direncanakan mulai diterapkan pada Juli 2021.

"Pemerintah akan terus memantau pelaksanaan pendidikan tatap muka berdasarkan pedoman yang telah disusun," katanya kepada merdeka.com, Senin (14/6).

Wiku mengatakan sebelum PTM dimulai, pengelola pendidikan harus melakukan simulasi terlebih dahulu. Pada tahapan simulasi, pengelola pendidikan menyampaikan bagaimana proses belajar selama PTM dan protokol kesehatan.

"Pemerintah terus mengimbau pemerintah daerah masing-masing untuk melakukannya secara hati-hati," ujarnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini