Pembahasan RUU TPKS, Ketua DPR Janji Terima Aspirasi Secara Langsung

Kamis, 13 Januari 2022 08:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Pembahasan RUU TPKS, Ketua DPR Janji Terima Aspirasi Secara Langsung Ketua DPR Puan Maharani. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani berjanji tetap membuka ruang audiensi untuk menerima masukan terkait pembahasan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Politikus PDIP ini juga menjelaskan sulitnya pertemuan tatap muka dalam dua tahun belakangan, karena pandemi Covid-19.

"Masalahnya, dua tahun ini kita ada pandemi Covid-19. Pandemi kan kita harus PPKM, PSBB, menjauhi kerumunan," kata Puan seusai menerima aspirasi perwakilan akademisi dan aktivis perempuan terkait RUU TPKS di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).

Pertemuan dengan perwakilan akademisi dan aktivis perempuan terkait RUU TPKS itu merupakan kali pertama pimpinan DPR menerima audiensi secara langsung setelah dua tahun pandemi.

2 dari 2 halaman

Audiensi Jika Situasi Memungkinkan

Puan mengatakan, audiensi untuk menerima masukan publik seperti ini harus tetap dilakukan anggota Dewan. Ia berjanji DPR akan terbuka menerima aspirasi masyarakat, termasuk terkait RUU TPKS ketika pembahasan bersama pemerintah.

"Harusnya kan bisa dilakukan sering-sering seperti ini," ujarnya.

Namun, Puan menekankan, DPR terbuka menerima aspirasi dan audiensi dengan masyarakat luas dalam syarat kondisi yang mendukung. Misalnya saat kondisi Covid-19 sudah lebih terkendali.

"Jadi kita lihat situasi dan kondisinya. Jika memungkinkan, DPR terbuka untuk menerima masukan secara langsung, jika situasinya memungkinkan," ujar Puan. [yan]

Baca juga:
Substansi RUU TPKS akan Terbagi Empat Bagian, Ini Tahapannya
Pemerintah Dorong RUU TPKS Disahkan Januari 2022
Ketua DPR Jamin Pembahasan RUU TPKS Libatkan Masyarakat
DPR Sahkan Draf RUU TPKS 18 Januari 2022
Sidang Paripurna Hari Ini, DPR akan Bahas Nasib RUU TPKS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini