Pemanjat tebing ikut lobi Akil supaya menangkan Hambit Bintih

Kamis, 30 Januari 2014 13:41 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Pemanjat tebing ikut lobi Akil supaya menangkan Hambit Bintih Akil Mochtar. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, mengakui sempat dilobi oleh Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) cabang Kalimantan Tengah, Dodi, supaya memenangkan Hambit Bintih dalam sengketa pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Gunung Mas. Waktu itu, Akil mengatakan Dodi sempat mempertemukan dia dengan Hambit.

Akil mengatakan dia adalah Ketua Umum FPTI. Awalnya, dia berdalih menolak ajakan pertemuan dengan Dodi.

"Memang ada permintaan dari Dodi, katanya Hambit minta ketemu saya. Awalnya tidak lah, saya tidak mau ketemu," Akil saat bersaksi dalam sidang Hambit Bintih, Cornelis Nalau Antun, dan Chairun Nisa, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (30/1).

Namun, Dodi tetap memaksa Akil. Akhirnya, Akil mau menerima Dodi dan Hambit di rumah dinas Ketua MK, di Jalan Widya Chandra III nomor VII, Jakarta Selatan, pada 25 September 2013 pukul 17.00 WIB. Dalam pertemuan itu, Akil menerangkan soal berkas perkara sengketa pilkada Gunung Mas.

"Saya bicara macam-macam. Mereka juga keluar masuk karena merokok kan. Akhirnya Dodi meminta tolong supaya bupati yang menang di pilkada (Hambit) dimenangkan lah," ujar Akil.

Saat menanggapi kesaksian Akil, Hambit mengakui pertemuan itu. Dia juga mengaku awalnya Akil memandang gugatan pilkada Gunung Mas itu berat.

"Kata Pak Akil waktu itu, 'Wah berat ya perkara Gunung Mas. Ada money politic. Ada 2.100 pemilih tidak normal. Biasalah incumbent.'," kata Hambit.

Hambit mengaku bertemu langsung dengan Akil karena tidak yakin dengan janji politikus Partai Golkar, Chairun Nisa, yang bakal mengurus perkaranya di MK. Bahkan, awalnya Hambit tidak percaya jika Akil nekat memainkan putusan sengketa pilkada dengan imbalan duit.

"Awalnya saya enggak yakin saja sekelas ketua MK berani memainkan putusan," ucap Hambit. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini