Pemadam kebakaran Bandung cuma punya 16 mobil damkar

Senin, 17 September 2012 19:48 Reporter : Andrian Salam Wiyono
kebakaran. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Pemadam Kebakaran (Diskar) Kota Bandung segera memiliki motor yang dirancang khusus untuk menjinakkan api di pemukiman padat. Sepeda motor yang dimodifikasi tersebut rencananya sudah dapat digunakan pada awal 2013 mendatang.

Saat ini Diskar Kota Bandung memiliki 29 armada mobil pemadam kebakaran, namun yang beroperasi hanya 16 unit saja, sisanya tidak berfungsi karena sudah termakan usia. Namun pengadaan motor pemadam kebakaran dirasa lebih penting.

"Kita targetkan ingin memiliki sepeda motor khusus yang sudah dirancang, sehingga pada saat mendatangi lokasi yang padat penduduk, sepeda motor ini bisa masuk," kata Kepala Dinas Kebakaran Kota Bandung, Alwiansyah Nasution kepada wartawan di Bandung, Senin (17/9).

Dengan kondisi lalu lintas di Bandung yang sudah padat, kendaraan motor tersebut dianggap tepat. Pihaknya sedang mengajukan anggaran khusus untuk pembelian motor itu. Secara teknis, Diskar bandung akan menyediakan sepeda motor tersebut per wilayah.

"Jadi di Kota Bandung ini kita akan bagi kepada 6 wilayah. Setiap wilayah 1 motor, jadi total semua sekitar 6 sepeda motor," paparnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda menyambut positif rencana Dinas Pemadam Kebakaran untuk menggunakan motor. Menurutnya, dengan target pembelian sepeda motor ini bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran yang lebih besar di tempat pemukiman yang sulit dilintasi mobil damkar.

"Manfaatnya sudah jelas dengan adanya sepeda motor khusus damkar ini. Apalagi lokasi yang sulit dijangkau oleh mobil damkar," katanya.

Soal anggaran dari pemerintah kota dia belum mau menjanjikan seberapa besar, tapi dipastikan akan ada alokasi. "Untuk jumlahnya nanti kita akan lihat dulu berapa yang dibutuhkan dan harus mengetahui juga harga motornya itu," terangnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.