Pelukis Miss World buat karikatur wartawan di KTT APEC

Minggu, 6 Oktober 2013 13:11 Reporter : Laurencius Simanjuntak
Pelukis Miss World buat karikatur wartawan di KTT APEC Lukisan di KTT APEC 2013. ©2013 Merdeka.com/Anwar Khumaini

Merdeka.com - nama Putu Ebo, pelukis karikatur asal Bali, belum lama ini jadi perbincangan karena dia menggambar Miss World 2013 Megan Young dalam ajang kontes ratu kecantikan itu pekan lalu. Kini, Putu kembali unjuk kebolehan di arena KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali.

Namun, kali ini Putu tidak melukis ratu kecantikan. Di booth XL-Huawei, Putu melukis karikatur dengan cuma-cuma untuk para peliput forum kerjasama Asia Pasifik itu.

Dalam forum APEC ini, teknik melukis Putu agak berbeda dengan saat dia mengkarikaturkan Megan Young, Miss Philiphine. Kali ini, kartunis itu melukis dari jarak jauh.

Dengan menggunakan jaringan 4G LTE dari XL dan Huawei, Putu melukis dari The Laguna, berjarak 2,3 km dari model yang dilukis di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Seorang model yang ingin dilukis karikatur cukup memasang wajahnya di depan sebuah tablet, agar bisa diakses oleh Putu dari jarak jauh.

Tak lama setelah memperhatikan sejenak wajah si model, Putu pun menggambar secara digital dengan electronic drawing boar. Hasilnya, tak lebih dari 15 menit, karikatur untuk seorang model sudah rampung.

"Sudah selesai, tolong tunjukkan name tag-nya ke tablet di depan," ujar Putu kepada seorang wartawan agar dia bisa menulis nama model di atas karikatur.

Manajer Operasi Sales XL Bali, Eka Dwidasa Kornia, mengatakan, melukis jarak jauh yang dilakukan Putu ingin membuktikan bahwa video conference lewat jaringan 4G LTE memiliki kualitas baik.

"Kualitasnya High Definition (HD) yang telah disempurnakan," ujar dia.

Namun sayang, jaringan ini baru tahap uji coba. Jadi, di Indonesia, kebolehan Putu melukis jarak jauh saat ini cuma bisa dilakukan di arena KTT APEC yang akan rampung 8 Oktober mendatang. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Serba Serbi APEC
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini