Pelantikan Gibran - Teguh Belum Jelas, Pemkot Solo Siapkan Plh Wali Kota

Selasa, 9 Februari 2021 11:48 Reporter : Arie Sunaryo
Pelantikan Gibran - Teguh Belum Jelas, Pemkot Solo Siapkan Plh Wali Kota Gibran di Debat Pilkada Solo. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum menjadwalkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Di satu sisi, masa jabatan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo akan berakhir 17 Februari 2021.

"Kita masih menunggu kepastian jadwal pelantikan sampai hari Kamis besok," ujar Rudy, sapaan wali kota, Selasa (9/2).

Menurut Rudy, jika masa jabatannya habis dan belum ada kepastian jadwal pelantikan, Pemkot Solo akan mengambil keputusan mengangkat Plh (Pelaksana Harian).

"Kalau pada 7 hari masa jabatan wali kota dan wakil wali kota akan berakhir dan belum ada rencana pelantikan, akan ditunjuk Plh. Untuk jabatan Plh yang melantik nanti gubernur," katanya.

"Plh kami siapkan dari Sekretaris Daerah," imbuhnya.

Sekda disiapkan sebagai Plh karena paling mengetahui kondisi pemerintahan di Solo. Kendati demikian, keputusan penunjukan Plh diserahkan sepenuhnya pada Gubernur Jateng.

"Harapan saya jabatan Plh Wali Kota Solo yang dilantik adalah Sekda Solo (Ahyani). Jangan sampai roda pemerintahan terjadi kekosongan," tandasnya.

Rudy akan meninggalkan balai kota dan Rumah Dinas Loji Gandrung pada Selasa (16/2) pagi. Acara simbolis pulang ke rumah pribadi diantarkan sejumlah ASN di lingkungan Pemkot Solo. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini