Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Kebanjiran, 500 Peti Kemas Terendam Air

Selasa, 24 Mei 2022 10:06 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Kebanjiran, 500 Peti Kemas Terendam Air Banjir rob Semarang 2022. ©2022 liputan6.com

Merdeka.com - Banjir rob melanda pesisir Kota Semarang, termasuk kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, sejak Senin (23/5). Sekurangnya 500 peti kemas terendam dalam peristiwa itu.

Selain area penampungan kontainer peti kemas, dermaga penumpang dan akses masuk kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dilanda banjir rob cukup parah.

Otoritas pelabuhan telah menyiagakan 32 unit mesin pompa air dengan kapasitas 800 liter per detik disiagakan di sejumlah titik rawan banjir. "Fokus kita memastikan air rob tidak masuk dalam area pelabuhan dan mengurangi volume air yang sudah terlanjur masuk. Tapi, kami dengan pengguna jasa antisipasinya mengatur ulang jadwal kegiatan bongkar muat, namun pada prinsipnya kegiatan operasional tetap berjalan," kata Manager Utama Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto, Selasa (24/5).

2 dari 2 halaman

Operasional Terminal Peti Kemas Terhenti

Banjir rob di Semarang terjadi setelah tanggul di Tambak Mulyo jebol, Senin (23/5). Banjir mulai menerjang pesisir Kota Semarang pukul 14.00 wib. Tingginya air pasang di Pelabuhan Tanjung Emas berdampak pada operasional TPK Semarang yang dioperasikan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas atau SPTP.

General Manager Utama TPK Semarang I Nyoman Sudhiarta mengatakan, banjir rob mengakibatkan operasional TPK Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas terpaksa berhenti.

"Beberapa lokasi di dalam TPK Semarang yang terdampak yakni lapangan penumpukan peti kemas ekspor yang berada di pinggir dermaga dan juga area konsolidasi," kata Nyoman.

Saat banjir melanda area TPK Semarang, ada 500 peti kemas berukuran 40 kaki yang terendam banjir. "Untuk meminimalkan jumlah peti kemas yang terdampak dengan cara memindahkan peti kemas ke area yang lebih tinggi atau memasang beton untuk menahan laju air menuju peti kemas," ungkap dia. [yan]

Baca juga:
PLN Putus Aliran Listrik di Area Terdampak Banjir Rob Semarang
Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob di Pesisir Semarang Dievakuasi
Banjir Rob di Semarang, Ganjar Minta Pemda Siapkan Posko Darurat untuk Evakuasi Warga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini