Pelabuhan Dumai Tidak Layani Pemulangan WNI dari Malaysia

Selasa, 18 Mei 2021 11:05 Reporter : Abdullah Sani
Pelabuhan Dumai Tidak Layani Pemulangan WNI dari Malaysia WNI dari Malaysia tiba di Pelabuhan Dumai. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelabuhan Dumai yang berada di Provinsi Riau belum menerima kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia. Para WNI yang bekerja di luar negeri tidak dibolehkan pulang melalui pelabuhan itu.

Danrem 031 Wira Bima yang juga selaku Komandan Satgas Penanganan PMI Riau, Brigjen TNI M Syech Ismed mengatakan, pemulangan migran hanya bisa melalui Batam, Privinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sedangkan untuk melalui Kota Dumai, Riau belum bisa dipastikan kapan waktunya.

Ismed mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dan kesiapan yang sebelumnya telah di persiapkan dengan matang.

"Kita belum ada menerima kepulangan Migran, saat ini masih melalui provinsi tetangga, di Batam, Kepulauan Riau," katanya, Selasa (18/5).

Menurut Ismed, tidak adanya pemulangan PMI ini juga karena pelabuhan Dumai belum dibuka usai pembatasan dan peniadaan mudik yang hingga kini masih diterapkan. Untuk itu, PMI juga belum bisa diterima sebagaimana mestinya.

"Pelabuhan di Dumai juga belum dibuka, karena masih dalam aturan pembatasan mudik. Maka itu belum ada penyambutan," kata dia.

Kepala BNPB Doni Monardo sebelumnya, menyampaikan kepulangan Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia ini berjumlah sekitar 40.000 orang. Mereka merupakan tenaga kerja Indonesia yang sudah berakhir masa kontrak.

Kepulangan 40.000 PMI tersebut dibagi pada 3 daerah yaitu, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Riau. Doni Monardo juga meminta daerah untuk mengantisipasi kepulangan migran dari penyebaran Covid-19. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini