Pejabat Disdukcapil Kota Serang Diperiksa Inspektorat Terkait Pungli e-KTP

Selasa, 19 November 2019 11:54 Reporter : Dwi Prasetya
Pejabat Disdukcapil Kota Serang Diperiksa Inspektorat Terkait Pungli e-KTP Ilustrasi E-KTP. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang dipanggil Inspektorat, sebagai buntut penangkapan dua pegawai dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh polisi terkait pungli pembuatan e-KTP.

"Kemarin sudah melakukan pemanggilan untuk dimintai keterangan. Namun pemanggilan ini secara kelembagaan, jadi semua bidang kami panggil untuk dimintai keterangan," kata Inspektur Kota Serang Yudi Suryadi, Selasa (19/11).

Disampaikan Yudi, saat ini inspektorat masih dalam proses pendalaman informasi terkait peristiwa pungli pembuatan e-KTP dengan melalui jasa calo.

"Kami saat ini masih dalam tahap pendalaman informasi. Karena sebetulnya kami dari inspektorat itu sudah selalu melakukan penekanan dalam setiap apel agar tidak ada tindakan seperti ini," katanya.

Saat ditanya apakah ada dugaan keterlibatan pejabat dalam pungli e-KTP yang terjadi, Yudi mengatakan bahwa itu merupakan kewenangan polisi untuk menjawabnya.

"Ya kalau itukan penyidik yang berhak memutuskan siapa yang terlibat. Jadi kami hanya menunggu hasilnya saja," tuturnya.

Mengenai sanksi, ia mengaku akan menunggu keputusan dari aparat penegak hukum. Namun menurut Yudi, apabila aparat penegak hukum melimpahkan kasus ini kepada inspektorat, maka pihaknya akan segera memberikan rekomendasi sanksi kepada Wali Kota sesuai dengan tingkat pelanggarannya.

"Sanksi kami menunggu dari aparat penegak hukum. Jadi kami menunggu, apakah nanti akan diserahkan kepada inspektorat (sanksinya). Kalau itu PNS, kami akan berikan rekomendasi kepada Wali Kota melalui BKPSDM," katanya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini