Pedenya pemerintah, polisi & TNI sikat habis sisa kelompok Santoso

Kamis, 21 Juli 2016 07:05 Reporter : Wisnoe Moerti
Pedenya pemerintah, polisi & TNI sikat habis sisa kelompok Santoso Ali Kalora. ©2016 google

Merdeka.com - Tewasnya pentolan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Abu Wardah alias Santoso, tidak serta merta membuat misi satgas Tinombala rampung. Tim gabungan Polri dan TNI ini masih punya PR memburu 19 orang sisa kelompok Santoso yang masih bersembunyi di hutan. Di antara 19 orang itu terdapat kaki tangan Santoso yakni Basri dan Ali Kalora. Ada pula Nurmi Usman alias Oma yang merupakan istri Basri dan juga istri Santoso, Jumiatun Muslim alias Atun alias bunga alias Umi Delima.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah mengeluarkan instruksi mengejar sisa-sisa gerombolan Santoso. "Sisa-sisa gerombolan harus tetap dikejar," kata Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi Sapto Prabowo dalam pesan singkat yang diterima merdeka.com.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memutuskan melanjutkan operasi Tinombala untuk menangkap sisa kelompok Santoso.

"Kita lanjutkan (Operasi Tinombala) baik dengan cara penggunaan operasi secara keras dan persuasif. Tolong disampaikan saya pribadi imbau kepada saudara-saudara kita yang ada di atas agar lebih baik turun gunung," kata Tito di Palu, Rabu (20/7).

Hal senada diungkapkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Menurutnya, momentum terbunuhnya Santoso harus dimanfaatkan untuk melanjutkan operasi Tinombala mengejar kelompok Santoso yang masih bersembunyi. Gatot menilai pasukan yang ada saat ini sudah cukup untuk memburu 19 orang kelompok Santoso yang masih tersisa.

"Saya sepakat dengan Pak Tito (Kapolri). Manfaatkan ini untuk melanjutkan operasi, tidak mengendur. Pasukan yang ada sudah cukup, tak perlu tambah lagi. Saya sepakat dengan Pak Tito, kita lakukan operasi teritorial bersama kepolisian," jelasnya.

Baik pemerintah, Polisi dan TNI yakin bisa menghabisi sisa kelompok Santoso. Ada beberapa faktor dan analisa yang membuat pemerintah dan aparat keamanan yakin. Berikut paparannya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini