Pedagang Pasar Besar Malang mengeluh sepi pembeli pasca kebakaran

Kamis, 9 Juni 2016 12:47 Reporter : Darmadi Sasongko
Pedagang Pasar Besar Malang mengeluh sepi pembeli pasca kebakaran Pedagang di Pasar Besar Malang. ©2016 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Sejak peristiwa kebakaran beberapa waktu lalu, para pedagang Pasar Besar, Malang, kembali berjualan sejak sekitar sepekan lalu. Namun, mereka hanya para pemilik kios yang tidak terkena amukan si jago merah.

Sedangkan pemilik 633 kios yang hangus masih harus menunggu lapak sementara sedang dibangun oleh Dinas Pasar. Hanya sebagian pedagang dari korban kebakaran berjualan dengan memanfaatkan tempat parkir di sisi timur pasar.

Mereka terdiri dari para pedagang sayur, daging, dan ikan laut. Selama berjualan sepanjang Ramadan, para pedagang mengeluh sepi pembeli, apalagi dibandingkan dengan tahun lalu.

Sukir dan Weni, pasangan suami istri pedagang ikan, mengaku merasakan kondisi sepi dibanding sebelum-sebelumnya. Omzetnya langsung turun drastis, karena banyak pelanggan yang pindah ke pasar lain.

"Pembelinya sepi, langganan-langganan berkurang. Kemungkinan pergi ke pasar lain. Kalau dulu, masih berjualan di dalam pembeli sudah langsung ke lokasi," kata Weni di Pasar Besar, Malang, Selasa (7/6).

Sementara Sukir mengungkapkan, dari omzet sebelumnya Rp 5 juta per hari, sekarang dia hanya mampu meraup Rp 1 juta saban hari. Dia juga mengalami kerugian sangat besar. Nilai dagangannya sekitar Rp 10 juta ikut terbakar.

Kondisi serupa juga dialami oleh Nurul Hikmah, pedagang ikan laut yang mengaku kehilangan lebih dari sebagian pelanggannya. Dia berharap bisa segera kembali berjualan di dalam.

"Kami menunggu agar segera bisa berjualan di dalam. Karena di luar turun, mungkin sampai 60 persen," kata Nurul.

Baca juga:
Polisi olah TKP kebakaran Pasar Besar Malang
Cari penyebab kebakaran Pasar Besar malang, abu dan kabel diteliti
Korban kebakaran Pasar Besar mulai didata buat relokasi
Sisa kebakaran Pasar Besar Malang mulai dibersihkan
Yang tersisa dalam kebakaran ratusan kios di Pasar Besar Malang

[ary]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Pasar Besar Malang
  2. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini