PDP Virus Corona Meningkat, Kabupaten Bekasi Gelar Rapid Test Tahap Dua

Selasa, 31 Maret 2020 13:16 Reporter : Adi Nugroho
PDP Virus Corona Meningkat, Kabupaten Bekasi Gelar Rapid Test Tahap Dua alat tes corona. diy13/shutterstock

Merdeka.com - Tes massal virus corona akan dilakukan lagi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebab, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) hingga pasien dalam pengawasan (PDP) terus mengalami peningkatan hingga sekarang.

"Tes massal akan dilakukan minggu depan," kata Juru bicara pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah, Selasa (31/3).

Pada pekan lalu, kata dia, pemerintah daerah melakukan tes massal sebanyak seribu orang. Mereka terdiri dari tenaga kesehatan, ODP, PDP hingga profesi yang memiliki interaksi tinggi di masyatakat.

"Ada dua positif yaitu dari PDP ke positif," kata Alamsyah.

Data per hari ini pukul 08.10 WIB, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 719 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 134. Sementara pasien positif 20 kasus, tiga di antaranya sembuh dan empat orang meninggal dunia. Sementara 13 orang masih dalam perawatan. Adapun sebaran paling banyak di Kecamatan Tambun Selatan.

Alamsyah mengatakan, tes massal tahap kedua menggunakan seribu alat rapid tes. Alat ini merupakan pemberian dari Pemprov Jawa Barat. Sementara, pemerintah daerah tengah membeli 4000 alat secara bertahap dari luar negeri.

"Di Indonesia tidak ada, harus impor," ujar dia.

Berbagai langkah pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona di wilayahnya. Antara lain menutup sementara bioskop, membatasi jam operasional rumah makan dan menekankan warganya untuk menjaga jarak dan tetap di rumah. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini