PDIP sebut BPJS Kesehatan sejalan dengan keinginan Jokowi bangun Indonesia hebat

Rabu, 19 September 2018 12:57 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PDIP sebut BPJS Kesehatan sejalan dengan keinginan Jokowi bangun Indonesia hebat BPJS Kesehatan di Malang. ©2016 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Bendahara Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Alex Indra Lukman mengatakan keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan bukti nyata hadirnya negara dalam menjamin hak-hak dasar masyarakat untuk mendapatkan kesehatan yang memadai.

Pendirian BPJS Kesehatan, kata Alex, sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi dalam menjalankan sila kemanusiaan dan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Presiden Jokowi meyakini bahwa kesehatan merupakan modal yang sangat diperlukan dalam menunjang pembangunan bangsa. Mustahil pembangunan bisa dilakukan, impian Indonesia bermartabat dan kuat dicapai kalau rakyatnya tak mendapatkan pelayanan kesehatan memadai. Latar itulah yang pada akhirnya menginisiasi pendirian BPJS,” kata Alex melalui keterangannya, Rabu (19/9).

Lewat BPJS Kesehatan, Presiden Jokowi ingin memajukan kesejahteraan umum dengan menghadirkan kesehatan untuk semua warga negara secara memadai. Ibaratnya, BPJS Kesehatan merupakan tiang penyangga dalam membangun Indonesia hebat dan bermartabat.

"Ini dalam rangka membangun raga anak bangsa, membangun Indonesia. Semuanya mesti di mulai dengan menjamin kesehatan seluruh lapisan, terutama warga miskin. Kuncinya itu ada di BPJS Kesehatan," papar Alex.

Sejak BPJS Kesehatan berdiri, masyarakat miskin tak khawatir lagi berobat, jika sakit. "Negara hadir dan memastikan pengobatan bagi rakyatnya dengan terjangkaunya premi di BPJS. Ini juga bentuk ketegasan bahwa pelayanan kesehatan bagi rakyat itu tak boleh dikomersilkan. Presiden memahami itu sebagai kewajiban negara," tegas Alex.

Dengan adanya asuransi kesehatan tersebut, akan tercipta gotong-royong subsidi silang antar masyarakat. Peserta BPSJ yang sehat dapat membantu peserta lainnya dalam keadaan sakit secara tidak langsung.

Bagi masyarakat yang kurang mampu, mendapatkan keringanan berupa dibebaskannya dari biaya dengan terdaftarnya menjadi peserta BPJS secara gratis yang dibiayai oleh pemerintah. "Dengan begitu tercipta keadilan dalam mendapatkan kesehatan," imbuhnya.

Saat ini, menurut Alex, lembaga yang paling tepat dalam mengurus jaminan kesehatan adalah BPJS Kesehatan. "BPJS Kesehatan paling tepat. Jika pun ada persoalan di manajemen, itu hanya perlu diperbaiki. Pokoknya sekarang bagaimana kita berpikir agar hak kesehatan warga negara bisa diberikan," tandas Alex. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini