PDIP Minta Kader Waspadai Penipuan Modus Dukung Jadi Calon Kepala Daerah

Rabu, 30 Oktober 2019 09:04 Reporter : Merdeka
PDIP Minta Kader Waspadai Penipuan Modus Dukung Jadi Calon Kepala Daerah Hasto Kristiyanto di rumah Megawati. ©Liputan6.com/Nafiysul Qodar

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengeluarkan surat edaran tertanggal 28 Oktober 2019, sehubungan dengan adanya laporan berupa aksi penipuan yang mengatasnamakan fungsionaris DPP PDI Perjuangan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menandatangani surat edaran tersebut, mengatakan, aksi penipuan tersebut selalu mengatasnamakan untuk memberikan dukungan dan menjanjikan mendapatkan rekomendasi sebagai calon kepala daerah. Kemudian meminta sumbangan dana untuk kepentingan partai.

"DPP PDI Perjuangan menegaskan tidak pernah memberikan dukungan kepada calon tertentu selain yang diputuskan melalui Rapat Pleno DPP PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangannya, Rabu (30/10).

Dia meminta kepada seluruh jajaran struktural partai, kader di legislatif, eksekutif, dan calon kepala daerah untuk mewaspadai segala bentuk penipuan yang dilakukan dengan cara meminta sumbangan dana untuk kepentingan partai.

"Penipuan tersebut biasanya dilakukan oleh oknum dengan mengatasnamakan fungsionaris DPP PDIP dengan cara menghubungi via telepon, handphone atau SMS," ucap Hasto.

Dia juga menginstruksikan kepada DPD dan DPC partai untuk mewaspadai dan melaporkan apabila ditemukan adanya oknum yang mengatasnamakan fungsionaris DPP PDIP ke pihak berwajib.

"Bagi calon kepala daerah yang terbukti memberikan sumbangan/dana kepada pihak manapun yang mengatasnamakan fungsionaris DPP PDI Perjuangan, maka DPP Partai akan mencoret yang bersangkutan dari daftar pencalonan," ungkap Hasto.

Dia pun mengingatkan kembali, seluruh iuran anggota dan dana gotong royong disalurkan melalui rekening partai.

"Ditegaskan kembali, bahwa seluruh iuran anggota, bantuan gotong royong untuk kerja partai disampaikan melalui rekening gotong royong partai dan tidak melalui perorangan," tuturnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini