PDIP: Mereka yang Mau Bertindak Inkonstitusional Berhadapan dengan Hukum Negara

Senin, 20 Mei 2019 12:52 Reporter : Merdeka
PDIP: Mereka yang Mau Bertindak Inkonstitusional Berhadapan dengan Hukum Negara PDI Perjuangan bicara Soal War Room. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam berpolitik, pasti akan selalu ada pihak yang kecewa dan tidak menerima kekalahan sehingga mencoba membuat gerakan yang menghasut rakyat. Namun, ia menilai hal tersebut tidak akan efektif dilakukan karena bertentangan dengan kultur bangsa yang toleran.

Menurutnya, partainya sendiri tidak akan melakukan konsentrasi massa pada saat pengumuman hasil pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanggal 22 Mei 2019 nanti.

"Massa riil itu ya rakyat sendiri, itulah kekuatan penopang kekuasaan yang sejati. Puncak rekapitulasi nasional tersebut harus menjadi bagian instrumen peningkatan peradaban demokrasi Indonesia," tutur Hasto melalui sebuah pernyataan tertulis, Senin (20/5/2019).

Dia menyatakan, PDI Perjuangan percaya bahwa dinamika politik yang terjadi saat ini merupakan bagian dari pendewasaan demokrasi. Keadaan politik nasional juga dinilainya terap aman dan terkendali. Sebab, mekanisme hukum negara pastinya akan mampu menindak siapapun yang mengganggu ketertiban umum.

"Mereka yang mau bertindak inkonstitusional akan berhadapan dengan hukum negara dan kekuatan rakyat itu sendiri," tukasnya.

Hasto menambahkan, partisipasi politik dari masyarakat dalam Pemilu 2019 kali ini juga dinilainya sangat baik. Sebab, partisipasi pemilih sendiri mencapai di atas angka 80 persen.

Ia menyatakan, hal ini juga mencerminkan bagaimana pemilu adalah suatu pesta demokrasi yang penuh kegembiraan. "Itulah yang menjadi basis legalitas dan legitimasi tertinggi kepemimpinan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," Hasto mengakhiri. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. PDIP
  2. Pemilu 2019
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini