Pawai Bunga dan Budaya akan Semarakkan HUT ke-729 Surabaya

Kamis, 26 Mei 2022 11:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Pawai Bunga dan Budaya akan Semarakkan HUT ke-729 Surabaya Semaraknya Pawai Bunga dan Budaya di HUT ke-729 Surabaya. ©2022 Antara

Merdeka.com - Pawai Bunga dan Budaya (Surabaya Vaganza) siap menyemarakkan HUT ke-729 Kota Surabaya yang digelar dengan start dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke Alun-Alun Surabaya pada Sabtu (28/5) sore hingga malam.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Kamis, mengatakan kegiatan spektakuler ini sempat vakum selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

"Untuk tahun ini digelar kembali. Namun, untuk pawai bunga dan budaya tidak digelar secara bersamaan seperti tahun sebelumnya, melainkan digelar secara bertahap," kata dia dilansir Antara, Kamis (26/5).

Menurut dia, khusus pawai bunga dimulai dari pukul 15.00 WIB, kemudian untuk pawai budaya dimulai dan diberangkatkan mulai pukul 18.00 WIB.

Wiwiek mengatakan peserta pawai bunga tahun ini juga tak sebanyak tahun sebelumnya. Hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan mengikuti parade kali ini. Sedangkan untuk peserta parade budaya, ada 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti parade tersebut.

"Beberapa komunitas yang akan ikut dalam parade budaya itu adalah komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Meski peserta tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Wiwiek memastikan tidak akan mengurangi antusiasme Pemkot Surabaya dalam menggelar acara ini. Dia meyakini warga Kota Surabaya dan luar kota akan berbondong-bondong menyaksikan kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu ini.

"Yang paling menarik, dari 16 peserta pawai bunga diambil lima terbaik yang akan dipamerkan di sepanjang Jalan Tunjungan. Kendaraan akan berhenti dan tetap di Jalan Tunjungan itu sampai pukul 24.00 WIB," ujar dia.

Dia juga memastikan bahwa rute yang diambil tahun ini lebih pendek dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke Alun-alun Surabaya. Wiwiek mengaku rute ini diambil, karena Surabaya Vaganza juga untuk menguatkan branding Tunjungan Romansa.

"Jadi, ini untuk menguatkan brandingnya Tunjungan Romansa, supaya lebih terkenal lagi ke depannya," kata dia. [ray]

Baca juga:
Berani Berubah: Robot Buatan Warga Surabaya Mendunia
Mengenal Festival Rujak Uleg di Surabaya, Catat Tanggalnya Jangan sampai Terlewat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini