Patogen CMV Paling Banyak Ditemukan pada Kasus Probable Hepatitis Misterius

Sabtu, 25 Juni 2022 13:30 Reporter : Yunita Amalia
Patogen CMV Paling Banyak Ditemukan pada Kasus Probable Hepatitis Misterius Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Dr Mohammad Syahril ©2020 Merdeka.com/Ronald Chaniago

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan menyampaikan akumulasi kasus hepatitis misterius hingga Kamis 23 Juni 2022 sebanyak 70 kasus. Dari jumlah tersebut, terdapat 16 kasus berstatus probable.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Dr Mohammad Syahril menyampaikan, berdasarkan pemeriksaan laboratorium, patogen paling banyak ditemukan adalah Cytomegalovirus (CMV).

"Dari pemeriksaan PCR dan metagenomik terhadap 16 probable telah diketahui patogen paling banyak ditemukan pada pasien portable adalah cytomegalovirus (CMV) yakni 4 dari 15 pasien yang diperiksa," kata Syahril dikutip pada Sabtu (25/6).

Selain CMV, Syahril menyampaikan, Kementerian Kesehatan mendeteksi seorang pasien hepatitis misterius terkonfirmasi positif patogen enterovirus dan satu pasien positif patogen adenovirus.

2 dari 2 halaman

Tersebar di 21 Provinsi

Secara kumulatif, kasus hepatitis di Indonesia sampai saat ini ada 70 kasus yang tersebar di 21 provinsi. Dari 70 kasus itu ada 16 probable, 14 pending, dan 40 discarded.

Syahril menjelaskan, disebut status probable karena saat pemeriksaan secara polymerase chain reaction (PCR) dan metagenomik terdeteksi virus dari famili herpesviridae yaitu CMV, HSV1, HHV-6A, HHV1, dan EBV.

Sementara itu, discarded artinya kasus yang disingkirkan karena penyebabnya sudah diketahui dan bukan dari kelompok hepatitis.

"Sampai saat ini definisi hepatitis belum ada dibuatkan oleh WHO, sehingga kita masih menunggu definisi seperti halnya PCR positif untuk Covid-19, tapi untuk hepatitis ini masih belum ada yang disebut dengan konfirmasi," pungkasnya.

Baca juga:
Update Jumlah Kasus Hepatitis Akut di Indonesia Hari Ini 24 Juni
Gejala Hepatitis Akut Berat Bisa Memburuk dengan Lebih Cepat
Dugaan Hepatitis Akut Turun Jadi 22 Kasus, 2 Pulang Paksa
Kasus Dugaan Hepatitis Akut Bertambah jadi 29
Pemprov Sulsel Temukan Dua Anak Suspek Hepatitis Akut
Kemenkes: Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia Berjumlah 24 Pasien

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini