Pastikan kondisi ayahnya, putra Ba'asyir datangi Lapas Gunung Sindur

Minggu, 17 April 2016 19:17 Reporter : Arie Sunaryo
Pastikan kondisi ayahnya, putra Ba'asyir datangi Lapas Gunung Sindur Putra bungsu Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rachim Ba'asyir.. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ustaz Abu Bakar Ba'asyir dipindahkan dari Lapas Pasir Putih, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/4) kemarin. Namun hingga saat ini keluarga tak mengetahui kondisi kesehatan pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo tersebut.

Putra bungsu Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rachim Ba'asyir (38) bahkan mengaku tidak mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Hukum dan HAM soal pemindahan ayahnya.

"Hingga siang ini, keluarga belum bisa memastikan kondisi ayah saya. Kami hilang kontak. Tak tahu kondisi beliau seperti apa di lapas yang baru," ujar pria yang akrab disapa Iim tersebut, saat jumpa pers di Ponpes Al-Mukmin Ngruki, RT 4 RW 17, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (17/4).

Iim mengatakan sampai saat ini masih terus mencari informasi soal kondisi ayahnya yang ditahan di Lapas Pasir Putih sejak 2012 lalu. Dia mengaku terakhir bertemu menjenguk ayahnya, pada Rabu 13 April lalu.

"Kami masih berkoordinasi dengan Tim Pengacara Muslim (TPM) di Jakarta untuk datang ke Lapas Gunung Sindur pada Senin (17/4). Keluarga harusnya diberitahu, kalau beliau akan dipindah. Kami ingin memastikan kondisi bapak, besok pagi ke Bogor,"" ucapnya.

Iim kembali mengutarakan, jika selama di Lapas Pasir Putih, kondisi ayahnya sangat tertekan. Selain ditempatkan di dalam sel yang hanya berukuran 2x3 meter, Ba'asyir juga juga dipantau dengan kamera CCTV selama 24 jam.

"Ruang ibadah juga dibatasi dan tidak boleh berinteraksi dengan tahanan lain, hanya di dalam sel terus. Untuk dapat sinar matahari atau sekadar berjemur saja, tidak bisa. Benar-benar full isolasi. Kami berharap di Gunung Sindur tidak seperti itu," tandasnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Abu Bakar Ba'asyir
  2. Sukoharjo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini