Pasca Kebakaran, Pendakian ke Arjuna Ditutup Sementara

Selasa, 30 Juli 2019 08:57 Reporter : Darmadi Sasongko
Pasca Kebakaran, Pendakian ke Arjuna Ditutup Sementara Kebakaran di Lereng Gunung Arjuno. ©BPBD Kota Batu

Merdeka.com - Pendakian ke Puncak Gunung Arjuna dan Welirang sementara waktu ditutup pasca terjadinya kebakaran. Penutupan berlaku sampai waktu yang masih belum ditentukan.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, keputusan pembukaan kembali pendakian menunggu evaluasi sejumlah pihak yang akan segera dilakukan.

"Rekomendasi tim di lokasi bahwa jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang masih ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," katanya dalam keterangan yang diterima Merdeka.com, Selasa (30/7).

Dia memastikan, pendaki Gunung Arjuno sejumlah 90 orang sudah turun. Pos pendakian mencatat sebanyak 47 orang yang terdata berhasil dievakuasi petugas, kelompok lain berjumlah 6 pendaki turun lewat jalur Purwosari Pasuruan, dan kelompok terakhir berjumlah 12 orang sudah turun Senin siang. Daftar tersebut disertai data lengkap para pendaki.

"Kelompok pendaki sejumlah 12 orang berasal dari Mapala Stikes Mojokerto yang naik dari Pos Pendakian Sumberbrantas," ujarnya.

Sementara rombongan pendaki sejumlah 25 orang sudah turun pada Minggu dini hari. Namun mereka tidak terdata. Pendaki yang terdata naik dari Pos Pendakian dipastikan sudah turun semua dari Gunung Arjuno.

"Sudah dilakukan pendataan kembali untuk konfirmasi bahwa mereka sudah turun di pos pendakian," katanya.

Sementara titik api kebakaran sudah berhasil dikondisikan, namun masih akan terus dipantau. Tim akan melakukan pemantauan hingga 3 - 7 hari ke depan.

"Pemantauan 3-7 hari ke depan," tegasnya.

Selain juga dilakukan assessment guna mengetahui kronologi kebakaran, luasan, vegetasi yang terbakar, kemungkinan sisa bara api dan penyisiran potensi pendaki belum turun. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini