Pasar Legi terbakar, Pemkot Solo kehilangan PAD Rp 2 M per tahun

Jumat, 2 November 2018 13:50 Reporter : Arie Sunaryo
Pasar Legi terbakar, Pemkot Solo kehilangan PAD Rp 2 M per tahun Pasar Legi Solo terbakar. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kebakaran yang meluluhlantakkan Pasar Legi Solo, Senin lalu, menyisakan duka mendalam bagi ribuan pedagang. Untuk sementara waktu, mereka akan kehilangan penghasilan akibat tak bisa berjualan.

Mereka juga harus bersabar menunggu pembangunan pasar darurat, yang baru akan dibangun pekan depan. Tak hanya pedagang yang merugi, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga berpotensi kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 2 miliar.

Sebabnya pemkot memutuskan menghapus retribusi bagi pedagang hingga mereka kembali menempati bangunan pasar permanen.

"Selama masih menempati pasar darurat, pedagang tidak ditarik retribusi. Ini berlaku selama mereka menempati pasar darurat," ujar Kepala Dinas Perdagangan, Subagiyo, Jumat (2/11).

Menurut Subagiyo, pembebasan retribusi harian tersebut berpotensi mengurangi PAD pasar. Berdasarkan data Pemkot, setiap tahun retribusi dari pedagang Pasar Legi berkisar Rp 2 miliar.

Sementara itu, Pemkot Solo tengah menyiapkan pasar darurat bagi ribuan pedagang Pasar Legi. Sejumlah lokasi yang tak jauh dari Pasar Legi mulai disiapkan, yakni di Jalan Sabang, Jalan Lumban Tobing dan Jalan Halmahera.

Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo menjelaskan, pembangunan akan dimulai pekan depan. Nantinya para pedagang bebas berjualan 24 jam nonstop.

"Kalau pasar darurat sudah jadi, para pedagang bebas berjualan di sana. Kita siapkan pasar darurat untuk dapat beraktivitas 24 jam," katanya.

Menurut dia, saat ini persiapan lahan sudah dimulai dengan dibersihkan dan perataan tanah. Pada Senin depan lokasi tersebut mulai dicor, dan dipasangi tiang-tiang.

Rudyatmo memperkirakan, pembangunan pasar darurat akan dikerjakan secepatnya. Dia menginginkan pembangunan bisa diselesaikan dalam waktu sepekan.

"Saya inginnya seminggu jadi. Pokoknya kita lembur pagi siang malam bangun ini," jelasnya lagi.

Menurut dia, pembangunan pasar darurat ini akan menggunakan dana APBD. Tak hanya pasar darurat, pihaknya juga akan melakukan penataan parkir pasar darurat tersebut. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Solo
  2. Kebakaran
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini