Para Penjaga Desa dari Ancaman Pandemi Corona

Minggu, 5 April 2020 12:25 Reporter : Merdeka
Para Penjaga Desa dari Ancaman Pandemi Corona Jogja Lockdown. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Kepala Balilatfo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), Eko Sri Haryanto menyebut sudah 4.556 desa membentuk relawan desa tanggap Covid-19. Angka itu, baru sekitar enam persen jumlah desa di seluruh Indonesia yang mencapai 74.953 desa.

"Kita terus pantau supaya relawan desa terus melakukan tindakan baik," ungkapnya dalam keterangan pers melalui live streaming, Minggu (5/4).

Relawan dipimpin kepala desa. Sementara wakil ketuanya adalah BPD atau Badan Permusyawaratan Desa. Relawan desa memiliki tugas begitu mulia. Mereka bertugas di garda terdepan melindungi desanya dari paparan wabah Covid-19.

Relawan desa bertugas bekerja sama dengan pihak rumah sakit dan puskesmas untuk membawa warga yang terinfeksi Corona.

"Yang berikutnya menempatkan OPD di ruang isolasi. Nanti masyarakat bersama relawan mendata seluruh masyarakat," ungkapnya.

Relawan desa juga bertugas menyiapkan logistik bagi para ODP yang diisolasi.

"Logistik bukan hanya bagi yang diisolasi, tapi mempersiapkan kepada masyarakat yang secara sosial terdampak ekonomi. Karena juga terikat dengan dampak ekonominya. Mereka juga terputus pekerjaannya karena mereka harus di rumah," katanya.

Relawan desa juga bertugas untuk melaporkan PDP ke puskesmas maupun rumah sakit. Tugas lainnya yakni melakukan pendataan arus penduduk masuk maupun keluar dari desa.

"Juga mengelola kendali informasi, jangan sampai masyarakat jadi cemas karena informasi-informasi tidak jelas, harus bisa menjelaskan," paparnya.

Relawan desa juga harus memastikan di desanya tidak terjadi kerumunan baik itu kerumunan pagelaran budaya maupun keagamaan.

"Desa harus memulai membuat pranata sosial baru. Apa yang sesuai dengan kebutuhan di desa agar tidak memunculkan konflik sosial," pintanya.

Hal itu dilakukan guna meminimalisir konflik yang terjadi di desa imbas wabah Covid-19 ini. Misalnya penolakan pemaknaan bagi pasien positif Covid-19.

Lebih jauh, para relawan desa juga diminta untuk terus menginformasikan kabar penting yang perlu diterima masyarakat mengenai Corona.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini