Para Pencari Suaka Demo UNHCR di Medan

Kamis, 22 Agustus 2019 14:13 Reporter : Yan Muhardiansyah
Para Pencari Suaka Demo UNHCR di Medan Demi pencari suaka di medan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Seratusan pencari suaka berunjuk rasa dekat Lippo Plaza, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (22/8). Para pengungsi ini menyampaikan kekesalannya kepada pihak United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), yang berkantor di sana, karena tidak kunjung memberangkatkan mereka ke negara ketiga.

Para pengunjuk rasa berasal dari berbagai negara, seperti Palestina, Sudan, Irak, Afganistan, Ethiopia, dan Srilanka.

"Saya sudah tujuh tahun tinggal di sini. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan dari UNHCR," kata Ishaq Bahar, seorang imigran asal Sudan.

Dalam aksinya, para pencari suaka ini berbaris tepat di pintu gerbang dengan membentang spanduk. Salah satu di antaranya bertuliskan "Terima Kasih Pemerintah Indonesia, Komunitas Indonesia, Masyarakat Indonesia dan Semua yang Mendukung Kami".

Perwakilan pengungsi bergantian melakukan orasi dalam Bahasa Inggris menggunakan pengeras suara. Mereka mendesak UNHCR untuk segera memproses keberangkatannya ke negara ketiga.

Para pencari suaka mengaku saat ini hidupnya seakan terpenjara. Bukan hanya tak diberangkatkan, mereka juga mendapat banyak batasan dan tidak diizinkan bekerja di Indonesia.

Sejauh ini pengungsi hanya mengandalkan dana bantuan dari PBB yang dikelola lembaga nonpemerintah, International Organization for Migration (IOM) dan UNHCR. Seorang pengungsi mendapat bantuan biaya hidup antara Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta per bulan.

"Bosan hidup seperti ini. Kami hanya makan, tidur," kata Ibrahim Basim, asal Palestina.

Bukan hanya soal kehidupan sehari-hari, pengunjuk rasa juga menyatakan anak-anak mereka tidak bisa mendapat pendidikan formal. Mereka pun kerap kebingungan jika mendapat masalah kesehatan.

Para pengungsi ini berharap segera diberangkatkan ke negara ketiga seperti Australia, Selandia Baru, Amerika dan Kanada. "Kalau terus tinggal di sini kami tak memiliki masa depan. Kami minta segera diberangkatkan. Diproses," kata Aiman Nasir, imigran asal Irak. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencari Suaka
  3. Imigran
  4. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini