Para Jenderal Kehormatan dengan Bintang Empat di Pundak

Selasa, 8 Oktober 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Para Jenderal Kehormatan dengan Bintang Empat di Pundak Hendropriyono. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dikabarkan melirik posisi menteri pertahanan. Kabarnya, kursi Menhan diincar karena Prabowo selama ini memiliki perhatian besar pada bidang pertahanan.

Selain itu, pengangkatan Prabowo sebagai Menhan diharapkan juga diikuti gelar jenderal kehormatan untuk mantan Pangkostrad itu. Dengan demikian bukan lagi Letnan Jenderal Purnawirawan, tapi Jenderal Kehormatan. Dengan empat bintang.

Sesungguhnya pemberian jenderal kehormatan tak asing dilakukan di tanah air. Gelar jenderal kehormatan dengan bintang empat pernah disematkan kepada beberapa purnawirawan TNI yang sempat menjabat sebagai menteri. Namun penganugerahan tersebut sudah tidak berlaku semenjak kepemimpinan Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono.

Berikut Purnawirawan TNI yang mendapat gelar jenderal kehormatan dengan bintang empat:

1 dari 6 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

yudhoyono sby rev1

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat gelar jenderal kehormatan bintang empat saat menjabat sebagai menteri di era kepemimpinan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Saat itu, SBY menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Indonesia pada periode 2001-2004.

2 dari 6 halaman

Agum Gumelar

rev1

Purnawirawan Jenderal TNI Agum Gumelar juga mendapat gelar jenderal kehormatan bintang empat dari Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid. Saat itu, Agum Gumelar menjabat sebagai Menteri Perhubungan periode 1999-2001.

Masih di tahun 2001, Agum Gumelar menjabat sebagai Menteri Pertahanan tahun 2001 dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan Republik Indonesia.

3 dari 6 halaman

Soesilo Soedarman

rev1

Purnawirawan Jenderal TNI Soesilo Soedarman mendapat penganugerahan Jenderal Kehormatan dari Presiden RI ke-2 Soeharto. Soesilo kala itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

Kemudian Soesilo juga sempat menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Soesilo Soedarman juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington DC dari 18 Februari 1986 hingga 11 April 1988.

4 dari 6 halaman

Hari Sabarno

rev1

Pada Masa pemerintahan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, beberapa purnawirawan TNI yang menjabat sebagai menteri mendapat penganugerahan Jenderal Kehormatan. Salah satunya Purnawirawan TNI Hari Sabarno.

Hari mendapat gelar jenderal kehormatan saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia dengan masa jabatan 12 Maret 2004–20 Oktober 2004.

5 dari 6 halaman

A.M Hendropriyono

rev1

Purnawirawan Jenderal TNI Abdullah Mahmud Hendropriyono atau biasa disapa A.M Hendropriyono mendapat penganugerahan Jenderal Kehormatan saat masa kepemimpinan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri. Kala itu Hendropriyono menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001-2004.

Sebelumnya, Hendropriyono pernah menjabat sebagai Komandan Peleton dengan pangkat Letnan Dua Infanteri di Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) yang kini bernama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

6 dari 6 halaman

Luhut Binsar Pandjaitan

pandjaitan rev1

Purnawirawan Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan mendapat gelar Jenderal Kehormatan saat masa kepemimpinan Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid. Kala itu, Luhut menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 2000-2001.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Luhut sempat menjabat di beberapa posisi di tubuh TNI. Karir militernya banyak dihabiskan di Kopassus TNI AD. [dan]

Baca juga:
Menakar Peluang Prabowo Duduki Kursi Menteri Pertahanan
Prabowo Siap Gabung Jokowi Jika Diberi Jabatan Menteri Pertahanan
Gerindra Sebut Prabowo Sumbang Lima Pokok Pemikiran ke Jokowi
Kejutan Pagi-pagi dari Kapolda Papua untuk Pangdam Cenderawasih
TNI Pamer Aksi Akrobatik Pesawat Tempur dan Terjun Payung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini