Pantau Gunung Lawu, Ganjar Pranowo naik motor ke Cemoro Sewu

Sabtu, 31 Oktober 2015 14:21 Reporter : Parwito
Pantau Gunung Lawu, Ganjar Pranowo naik motor ke Cemoro Sewu Ganjar Pranowo naik motor pantau Gunung Lawu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek sejumlah kawasan yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu.

Usai melakukan kegiatan resik-resik kuto bersama warga sekitar Karanganyar tempat kelahirannya, Ganjar langsung menuju ke Posko Pendakian Cemoro Sewu, Kawasan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Sabtu(31/10).

Dengan membonceng sepedamotor, Ganjar menyusuri jalan diikuti beberapa warga dan beserta beberapa relawan menuju ke Kawasan Cemoro Sewu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Selama perjalanan, Ganjar menyapa ratusan warga yang melakukan aktivitas resik-resik di masing-masing pemukiman. Setiap Ganjar melewati mereka langsung bertegur sapa sambil melambaikan tangan dan mengacungkan jempol kepada warga.

"Monggo-monggo. Sip! Hebat! Maturnuwun," kata Ganjar yang diboncengkan sepedamotor Honda Suprafit Sabtu (31/10) dari pagi hingga siang hari tadi.

Hingga akhirnya, setelah menempuh jarak puluhan kilo, sampailah Ganjar beserta rombongan di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur di Lereng Gunung Lawu. Disitu Ganjar menyempatkan untuk berhenti dan melihat ada kepulan asap dari sekitar Gunung Lawu.

Bersama dengan Danramil dan Kapolsek Karanganyar AKP Riyanto Ganjar menjelaskan bahwa masih ada satu titik kepulan asap hutan yang terbakar. Namun, titik api kepulan asap dari hutan masuk di wilayah Magetan, Jawa Timur.

"Itu masih ada titik api satu pak yang belum padam. Tapi masih masuk wilayah Magetan, Jawa Timur," ungkapnya kepada Ganjar dan langsung ditanyakan;

"Lha terus cara mematikanya piye(bagaimana)?" tanyak Ganjar.

"Ya dengan cara manual pak. Digebuki (dipukuli) dengan dahan dan ranting," ungkap AKP Riyanto.

Ganjarpun juga sempat berhenti di dua titik kawasan wilayah longsor. Titik pertama berada diperbatasan antara Karanganyar Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur.

"Nanti kita koordinasi dengan Pak Dhe Karwo soal teknis penanganan tebing ini," ujarnya.

Kemudian, Ganjar juga menyempatkan diri untuk mendatangi Posko Jalur Pendakian Cemoro Kandang di Kawasan Cemoro Sewu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah untuk berdialog dengan petugas posko yang sampai kini masih tertutup bagi para pendaki.

Baca juga:

Tangis keluarga sambut kedatangan jenazah Aris di rumah duka

Gunung Lawu terbakar, ribuan warga Karanganyar salat minta hujan

Gunung Lawu terbakar, penerbangan di Solo waspada

Api Lawu makin membesar, PMI Solo kirim tim medis & mobil damkar

Kebakaran Gunung Lawu belum bisa dipadamkan, merembet ke Jawa Tengah

Kebakaran hutan Gunung Lawu meluas, asap menyebar hingga Solo

Sisi mistis Gunung Lawu hingga pendaki ogah dievakuasi [gil]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini