Panglima TNI Ungkap Kronologi Penemuan FDR Sriwijaya SJ-182

Selasa, 12 Januari 2021 18:00 Reporter : Fikri Faqih
Panglima TNI Ungkap Kronologi Penemuan FDR Sriwijaya SJ-182 Black box Sriwijaya Air ditemukan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjanjanto mengatakan, tim gabungan telah berhasil menemukan flight data recorder Sriwijaya SJ-182. Black box tersebut ditemukan sekitar pukul 16.40 WIB.

Hadi mengungkapkan, mulanya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan informasi mengenai penemuan bagian dari flight data recorder (FDR). Di mana lokasi penemuan tersebut telah diperkirakan sebelumnya.

"Hari ini tepat jam 14.00 WIB, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan informasi, bahwa sesuai perkiraan ditentukan di wilayah yang sudah ditandai telah ditemukan bagian dari flight data recorder. Kepala staf menyampaikan bagian yang ditemukan justru pecahan dan underwater locator beacon memberikan sinyal dan saya sampaikan agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah di perkiraan kami," katanya.

Kemudian pada pukul 16.40 WIB, dia menjelaskan, Yudo Margono menyampaikan tim penyelam telah menemukan dua underwater locator beacon. Tim telah menemukan flight data recorder (FDR), sementara cockpit voice recorder (CVR) masih belum ditemukan.

"Satu lagi cockpit voice recorder (CVR) masih harus dicari tanpa bantuan beacon tersebut, kami meyakini semua bahwa beacon yang ada di cockpit voice recorder di sekitar itu, dengan keyakinan tinggi cockpit voice recorder juga akan ditemukan," jelasnya.

Meski CVR dan FDR ditemukan nantinya, Hadi memastikan, akan tetap melakukan operasi evakuasi. Evakuasi tersebut ditujukan bagi korban kecelakaan dan pesawat Sriwijaya SJ-182. Pasalnya, bagian pesawat diperlukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) guna investigasi.

"Saudara sekalian operasi belum selesai, akan kita lakukan evakuasi korban, termasuk seluruh potongan body pesawat. Kita upayakan kita angkat untuk melengkapi data yang dibutuhkan KNKT, apa yang ada di titik ditemukannya pesawat SJ-182 akan terus kita lakukan evakuasi korban dan potongan pesawat," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini