Panglima TNI perintahkan pasukan pinjam alat berat untuk evakuasi gempa Sulawesi

Senin, 1 Oktober 2018 10:37 Reporter : Merdeka
Panglima TNI perintahkan pasukan pinjam alat berat untuk evakuasi gempa Sulawesi Prajurit TNI bantu tangani gempa Donggala dan Palu. ©2018 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengamini kekurangan alat berat untuk membantu proses evakuasi korban gempa di Palu, Donggala, dan Sulteng. Karenanya, untuk sementara Hadi memerintahkan pasukannya untuk meminjam alat berat dari perusahaan tambang di sekitaran lokasi.

"Kita gunakan alat berat di lokal dulu karena di sana banyak tambang-tambang, dan saya perintahkan Danrem untuk pinjam karena ini masalah darurat kemanusiaan," kata Panglima Hadi usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Panglima Hadi menjelaskan, saat ini Dansatgas dan Danrem telah dipetakan untuk mengarahkan titik wilayah terdampak agar evakuasi berjalan merata. Hari ini, lanjut dia, TNI juga menerjunkan 3 batalyon dari divisi III Kostrad.

"Ini supaya membantu, karena wilayah kerusakan cukup luas dan harus dibantu oleh tenaga manusia," jelas Hadi.

Terkait isu penjarahan, Mantan KSAU ini tegas membantah adanya insiden tersebut. Menurut dia, keamanan di lapangan terjaga, dan terkait pengambilan barang kebutuhan pokok oleh warga di minimarket, adalah sesuatu yang diketahui dan bukan penjarahan seperti dikabarkan.

"Jadi penjarahan tidak ada, karena pemiliknya itu menyilahkan yang sebagian dibiayai pemerintah. Tapi ada juga yang mewakafkan seperti hypermart silahkan ambil," Hadi menutup. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini