Panglima TNI Keluarkan Aturan Prajurit Dipanggil dan Diperiksa Polisi atau KPK

Selasa, 23 November 2021 12:52 Reporter : Merdeka
Panglima TNI Keluarkan Aturan Prajurit Dipanggil dan Diperiksa Polisi atau KPK Aturan Polisi dan KPK Tak Boleh Sembarangan Periksa Anggota. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memasuki masa purna tugas sebagai Panglima TNI. Sebelum meninggalkan jabatannya, dia mengeluarkan surat telegram Panglima TNI Nomor ST/1221/2021 tertanggal 5 November 2021 tentang Prosedur Pemanggilan Prajurit TNI oleh Aparat Penegak Hukum.

Dalam unggahan akun Instagram resmi milik Marinir TNI AL @marinir_tni_al yang dikutip liputan6.com, Selasa (23/11), disebutkan bahwa dasar dikeluarkannya surat telegram tersebut dikarenakan adanya beberapa kejadian pemanggilan prajurit TNI oleh kepolisian yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Maka untuk menghindari kesalahpahaman, meminimalkan permasalahan hukum, dan terselenggaranya ketaatan prajurit TNI.

Adapun ketentuan pemanggilan yang dipaparkan adalah sebagai berikut:

1. Pemanggilan yang dilakukan kepada prajurit TNI oleh Polri, KPK, aparat penegak hukum lainnya dalam rangka untuk memberikan keterangan terkait peristiwa hukum harus melalui Komandan/Kepala Satuan.

2. Pemanggilan terhadap prajurit TNI yang tidak sesuai dengan prosedur, agar Komandan atau Kepala Satuan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang dimaksud.

3. Prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di satuannya dengan didampingi Perwira Hukum atau Perwira Satuan.

4. Prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di kantor penegak hukum yang memanggilnya dengan didampingi Perwira Hukum.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Dua Perwira Tinggi TNI Lulusan Terbaik Pesaing Menantu Luhut di Bursa Pangkostrad
Bukti Kesetiaan Prajurit AL pada Panglima TNI Jenderal Andika, Jangan Diragukan!
Jenderal Andika Soal Calon Pangkostrad: Kami Usulkan, Presiden yang Putuskan
Barisan Jenderal TNI & Polri Punya Adik Polisi juga Tentara, Gagah Jabatan Mentereng
Foto Keluarga Panglima TNI Jenderal Andika, Sang Adik Berdiri Gagah Berseragam Polri
Kodim Yahukimo Papua Konfirmasi Koramil Suru-Suru Diserang KKB, 1 Prajurit Gugur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini